Home / DENPUR / Wau Enjang, Bibar Sholat Ied, Wargi Nganti Lutisan ten Ndaleme Bu Asih

Wau Enjang, Bibar Sholat Ied, Wargi Nganti Lutisan ten Ndaleme Bu Asih

Rabu pagi tanggal 5 Juni 2019 masyarakat Nganti, Menguri, Sekendal dan sekitar wilayah Hargotirto, Kokap berduyun-duyun memadati lapangan Plawangan untuk menunaikan ibadah Sholat Idul Fitri 1Syawal 1440 H.

Sholat ied menghadirkan Drs Kasusanto, Ketua takmir Masjid Fathul Jannah sebagai imam. Sedangkan khotib dipercayakan kepada bapak Abdul Malik Ar-Royhan.

Dalam kotbah Idul Fitri, Abdul Malik Ar-Royhan yang juga kepala pedukuhan Nganti mengingatkan pentingnya menjaga kerukunan pasca pemilu. Dengan menjaga tutur kata dalam pergaulan dalam masyarakat.

Kotbah terasa apik dan menarik karena disampaikan dalam bahasa Jawa yang menarik.

Abdul Malik Ar-Royhan juga mengajak agar amal kebaikan di bulan Romadhon dan memakmurkan masjid tetap dijaga. “Monggo amal kesaean ing wulan Romadhon soho kegiatan memakmurkan masjid sami tetep kito jagi,” kayanya.

Setelah sholat Ied warga masyarakat bersalam-salaman serta saling berkunjung dari rumah kerumahan untuk bermaaf-maafan serta saling silaturahmi.

Tapi silaturahmi halal bihalal yang paling berkesan ketika berkunjung wonten ing ndaleme Bu Sumber Asih. Di samping piyayi ne gapyak dan semanak, disini juga disajikan menu khas berupa lotisan.

Lotisan yang terdiri dari beraneka buah seperti jeruk gulung, bengkoang, kedondong, mangga, pepaya dengan racikan bumbu yang ciamik terbukti seger dan membuat kemecer.

Meskipun pidalem ing Nganti, Bu Sumber Asih meniko lurah pasar Jombokan dan sudah tidak asing dengan karateristik warga Jombokan baik cara bergaul maupun tradisi.(agus)

About redaksi

Check Also

Malam Ini, Tim Kesenian Kulon Progo Tampil di TMII

Malam ini, Sabtu, 06 April 2019, duta kesenian Kabupaten Kulon Progo, akan tampil di Anjungan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *