Home / KANGBARNO / Keris Keningratan Luk 5 untuk Trah Ratu

Keris Keningratan Luk 5 untuk Trah Ratu

Inilah keris keningratan. Keris khusus yang hanya boleh dipakai, dimiliki, serta diwarisi oleh trah ratu. Cirinya indah, magis, tapi menyebar kewibawaan. Luk lima yang juga dikenal  sebagai  Keris Pandawa.

Secara umum, ada 19 dapur luk lima yang dikenal di kalangan praktisi, pemerhati, dan kolektor keris pusaka. Namun menurut Serat Centini, keris luk lima terdiri dari 12 dapur sebagai keris sinengker. Ia akan memberi daya sesuai  garis darah pemiliknya.

Menurut Himawan Resi, seorang ahli keris dari tlatah Gombong Jawa Tengah, keris luk lima memang serba istimewa. Tidak sembarangan orang bisa memiliki, karena sudah sejak zaman lampau, hanya dibuat khusus untuk para  raja daan keturunannya.

Kolektor keris yang biasa disapa Mas Resi ini, termasuk yang memiliki keris luk lima.  Keris dapur mahesa atau Kebo Dhengen ini, memiliki kembang kacang mbungkem serta gonjo ketap lintah. Keris luk lima dengan pamor akhodiyat itu, merupakan tangguh Demak Bintoro.

“Ya, era pembuatannya  di zaman Kasultanan Demak Bintoro saat sedang dalam peralihan. Itu sekitar tahun 1300-1400 masehi,” jelasnya sambil menambahkan bahwa secara filosofi, keris dapur Kebo Dhangen termasuk istimewa.

Benar. Maheso atau kebo, merupakan hewan yang dihormati di tanah Jawa. Kerbau selalu menjadi simbol tokoh pengajar  moral. Itu membuat kebo atau kerbo disakralkan. “Sebagai contoh di kraton Surakarta, kebo menjadi cucuk lampah rombongan kirab 1 Suro. Nama Kebo atau Mahesa pada jaman lampau juga banyak dipakai sebagai nama   para ksatria yang di pundaknya beban tegaknya pilar sebuah negara,” ungkap Himawan Resi.

Dari segi pamor, tambahnya, sesuai keterangan Empu Pauzan Pusposukadgo, pamor akhodiyat dapat terjadi karena suhu yang tepat pada saat penempaan. Pamor ini tidak dapat dirancang sebelumnya, sehingga sering disebut pamor tergolong tiban, terjadi karena kehendak Tuhan YME, bukan rekayasa sang empu.

Benar. Pamor akhodiyat termasuk sangat populer karena disenangi para kolektor keris. Disebut juga pamor akordiat. Tapi ada pula yang menamai pamor angkawiyat atau pamor kodiat. Pamor yang diyakini mempunyai tuah baik.

Kehadiran Keris Pandawa, menurut Ketua Umum Perkumpulan Brajabumi, Ki Setyo Budi, memang identik dengan trah ratu. Raja dan para keluarga kerajaan sangat tahu dan memahami filosofi keris Luk lima. “Tidak keliru kalo keris Luk 5 dijadikan icon keningratan.Di era sekarang pun secara tersirat keyakinan itu masih sangat kuat, ningrat mesti punya keris Luk 5,” Ki Setyo.

Keris luk lima atau secara gampang sering disebutan Keris Pandawa, merupakan bagian dari kekayaan tosan aji Nusantara.  “Percaya atau tidak mengutip  pangandikanipun Bopo Bambang Gunawan ketika kami sowan di Ndalem Krakal, keris adalah bagian dari budaya, maka inilah yang tidak akan mudah tergerus oleh kemajuan peradaban jaman. Sekalipun semua serba canggih, bisa di dapat dengan mudah melalui on line informasi apapun, tetapi tidak pada ilmu keris. Kita harus mendekat, merasakan, meresapi, menemukan..dan semua hanya dapat dilakukan secara tradisional,” demikian ungkap Ki Setyo Budi.(kib)

About redaksi

Check Also

Wau Enjang Dugi Siang, KPDJ Ngawontenaken Baksos Ten 2 Kapenewon

Wau enjang, nom-noman Kulon Progo di Jabodetabek (KPDJ), ngawontenaken Bhakti Sosial. Yang disasar adalah anak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *