Home / MAF / Kolo Wingi, Ketua Umum Bakor PKP Khotbah Idul Fitri wonten SDN Plumbon

Kolo Wingi, Ketua Umum Bakor PKP Khotbah Idul Fitri wonten SDN Plumbon

Sholat Idul Fitri 1440 Hijriah, di halaman SD Negeri Plumbon, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, terasa berbeda, kemarin. Sebab, yang tampil sebagai khotib adalah Ketua Umum Badan Koordinasi Paguyuban Kulon Progo (Bakor PKP), H Agus Riyanto.

Sedang mudik ke kampung halaman di Plumbon, Pak Agus dipercaya untuk menyampaikan khotbah Idul Fitri, di depan ratusan jamaah yang memadati halaman SDN Plumpung yang lapang. Inilah kesempatan tak biasa, yang membuat nama Bakor PKP semakin membanggakan para perantau Kulon Progo.

Selain dihadiri warga yang tinggal di wilayah Plumbon dan sekitarnya, sholat Ied juga diikuti oleh ratusan jamaah yang merupakan perantau. Jajaran mobil dari luar Kulon Progo, menggambara dengan jelas, kesuksesan warga Plumbon yang ada di perantauan. Semua kendaraan dengan plat luar kota, terparkir dengan sangat rapi.

“Dengan berakhirnya tarbiyah ramadhan kita berharap hari ini kita menjadi hamba yang bertaqwa. Orang yang dijanjikan oleh Allah mendapatkan kemenangan. Menang atas binalnya hawa nafsu, menang atas lemahnya godaan setan, menang atas semua kegelisahan yang mempermainkan perasaan kita dan menang atas ketidak berdayaan dan kemalasan yang ada dalam diri kita,” kata Haji Agus Riyanto dalam khotbahnya.

Sudah selayaknya, tambah Pak Agus, pada hari kemenangan  semua merasa bergembira dan berbahagia. Gembira karena sudah berhasil menunaikan semua kewajiban ibadah Ramadhan. Bahagia karena telah menjadi manusia baru, kembali pada fitrah, bersih kembali seperti bayi yg baru lahir.

“Islam selalu memandang bahwa manusia adalah mahluk yang suci, Dilahirkan dalam keadaan suci dan bisa kembali lagi pada kesucian, karena itu Islam selalu memandang positif dan optimistik kepada manusia. Sebagaimana yang dijelaskan Allah dalam firmannya QS At-Tin ayat 4: Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia itu dalam bentuk yang sebaik-baiknya.”

Dan, untuk mempertahankan kualitas terbaiknya sebagai manusia, khotib juga menyitir sabda Rasulullah, agar kita tadaburi dan kita amalkan  tiga pesan penting Malaikat Jibril terhadap Rasulullah.

“Wahai Muhammad hiduplah kamu sesukamu karena sesungguhnya kamu akan mati, cintailah siapa yang kamu suka, karena sesungguhnya engkau akan berpisah dengannya, berbuatlah sesukamu karena sesungguhnya engkau akan diberi balasan karenanya,” tutur pak Agus Riyanto.(agr)

About redaksi

Check Also

Iki Loh Swasono nek Isuk-isuk Mlaku Nang Mbantul

Isuk tansah iseh adem. Srengenge durong ngetoke raine. dadi suasana iseh ketok peteng.  Ning, aku …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *