Home / MAF / Tanaman Jagung dan Sengon Dua Hektar Gagal Panen

Tanaman Jagung dan Sengon Dua Hektar Gagal Panen

Samigaluh — Tanaman jagung milik empat warga Kaliduren Kebonharjo, Samigaluh, Kulon Progo gagal panen terkena longsor Rabu 28 November 2018.

Pemilik lahan yang terkena bencana tanah longsor menyampaikan area persawahan milik kami yang luasnya kurang lebih dua hektare, terkena longsoran tebing dengan ketinggian 10 meter dan lebar 3 meter, longsoran berupa air dan tanah semua masuk di persawahan kami.

Salah satu pemilik lahan yang terkena longsor Bardi 50 tahun, menuturkan malam Rabu hujan di wilayah Samigaluh cukup deras, dan waktu itu Dia bersama tiga rekannya ke ladang sekitar pukul 06.00 wib, melihat tanaman jagung yang hampir panen terkena longsoran, akhirnya mengurungkan niatnya dan melaporkan kepada Kepala Dukuh atas kejadian tersebut.

Sementara Camat Samigaluh Triyanto Raharjo mendapat laporan dari warga terkait persawahan yang terkena longsor berharap agar memasuki musim hujan ini, masyarakat meningkatkan kewaspadaan karena wilayah perbukitan rawan terhadap longsor. dengan kewaspadaan diharapkan terhindar dari korban jiwa dan minimalkan kerugian.

Saluran air atau selokan agar dibersihkan supaya tidak mampet, salah satu sebab longsor karena aliran air yang liar terima kasih atas gerak cepatnya, kerelaan dan keiklasannya masyarakat, PNS, TNI, Polri, Tagana dan Ormas lainnya yang telah bahu membahu, bergotong royong untuk mengkondisikan dampak longsor, yang terjadi dibeberapa titik di wilayah Samigaluh. ( yah )

About dwidjo

Check Also

Iki Loh Swasono nek Isuk-isuk Mlaku Nang Mbantul

Isuk tansah iseh adem. Srengenge durong ngetoke raine. dadi suasana iseh ketok peteng.  Ning, aku …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *