Home / RJ / Saat Pedagang Kambing & Sapi Bermunculan

Saat Pedagang Kambing & Sapi Bermunculan

Menjelang Idul Adha 1439 Hijriah bisnis hewan qurban marak di mana-mana.Juga di Kota Bekasi. Nyaris di sepanjang jalan bermunculan kandang-kadang kambing dan sapi.

Kandang sapi, kambing dan domba muncul di kantong masyarakat muslim. Di perumahan dan di kampung bahkan di pinggir jalan muncul kandang. Ini menjadi pemandangan tersendiri, selain menandai Hari Raya Idul Adha segera datang.

H Arifin salah seorang pengusaha ternak di Bekasi mengaku bisnis tahunan itu sangat menjanjikan. Setiap mau lebaran haji, ia selalu berdagang hewan qurban. “Banyak risiko, meski keuntungannya sangat menjanjikan,” katanya.

Persaingan juga sangat keras di antara pedagang dan perantara. Di hulu dan di hilir juga terjadi persaingan. Kantong penyedia ternak di Wonogiri, di Boyolali bahkan sampai Bali dan Nusa Tenggara juga terjadi permainan harga.

Harga sapi mulai 15juta, 20 juta hingga 100juta. Pemainnya juga mereka yang punya uang nganggaur tak terbatas. Kalau yang uangnya tanggung, tidak bisa bergerak.”Modal juga sangat besar, bisa 1 miliar bahkan kalau mau longgar perlu 5 miliar rupiah,” paparnya.(is)

About redaksi

Check Also

Jam 2 Mau, SMPN 4 Tambak & PPKP Baksos nang Sangkrek Kokap

Akhirnya, Bhakti Sosial dengan melakukan droping air bersih ke Dusun Sangkrek, Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *