Home / MAF / Paguyuban Purwoasri Bersatu, Sukses Atasi Begal
Sutoyo, Lurah Purwoasri dan Ahmad Pairin, Walikota Kota Metro usai menyampaikan paparan Lomdeskel 2019, di Kantor Ditjen Bina Pemdes.

Paguyuban Purwoasri Bersatu, Sukses Atasi Begal

Jatah ronda bagi masyarakatnya seminggu sekali. Tanpa perkecualian, baik karena pangkat dan jabatan, semua pihak berkewajiban ronda untuk mewujudkan keamanan wilayah.

“Saya dan Pak Camat, juga mendapat jatah ronda,”  ungkap Sutoyo, Lurah Purwoasri, Kecamatan Metro Utara, Kota Metro, Provinsi Lampung sesaat setelah menyampaikan paparan Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2019, di Kantor Ditjen Bina Pemdes, Kemendagri, Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta, 8 Agustus 2019.

Sebagai konsekuensi wilayah di perlintasan dan berbatasan dengan Kabupaten Lampung Tengah dan Laqmpung Timur, kejahatan terutama perampokan atau pembegalan, pencurian, pencopetan dan sebagainya menjadi realitas kehidupan yang sering dihadapi.

Menyadari kerawanan keamanan di wilayahnya, masyarakat Kelurahan Purwoasri bangkit dan berupaya sekuat tenaga untuk menciptakan keamanan yang super prima, maka terbentuklah komunitas masyarakat peduli keamanan di Kelurahan ini dengan nama Paguyuban Purwoasri Bersatu (PPB). Berkat kiprah komunitas ini, kini tingkat kejahatan di Kelurahan Purwoasri dapat ditekan secara maksimal.

Walikota Metro saat menyampaikan Clossing Statement dalam Pemaparan Calon Juara Lomdeskel Tahun 2019.

Komunitas masyarakat peduli yang bernama PPB tersebut, merupakan lembaga kemasyarakatan yang aktif di bidang keamanan dan kesehatan yang kini telah memiliki anggota sebanyak 135 orang. Anggota paguyuban terdiri dari semua unsur di masyarakat, didukung fasilitas yang memadai, meliputi : RPU (Radio Pancar Ulang) dan handy Tolky (HT), seragam dsb. Penjagaan keamanan full 24 jam dengan bekerjasama dengan patroli.

Atas kinerja danprestasinya menjaga keamanan di wilayahnya hingga nihil kejahatan, Polres Kota Metro telah memberikan penghargaan serta dukungan moril dan materiil kepada Kelurahan Purwoasri pada tahun 2018. Pada tahun 2019, Purwoasri kembali mendapatkan penghargaan dari Kapolres Metro dan Kapolda Lampung.

PPB adalah salah satu inovasi bidang kemasyarakatan Kelurahan Purwoasri yang dipaparkan di hadapan Dewan Juri. Karena tidak hanya itu inovasi yang telah berhasil dikembangkan. Di bidang pemerintahan, Kelurahan Purwoasri telah mengembangkan website kelurahan, aplikasi E-Reputasi dan Kelurahan Siaga. Dan di bidang kewilayahan, Kelurahan Purwoasri telah mengembangkan potensi wisata air dan pertanian. (agt)

About redaksi

Check Also

Gardapala F&C Siap Pasarkan Batik Gebleke Shibori

Ini dia Gardapala Fashion & Craft. Merk dagang yang  terinspirasi dari Gerakan Tradisi Minum Rempah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *