Home / KEMAT / Hari Kedua Lebaran, Perkumpulan Tosan Aji Brajabumi Sowan Bupati

Hari Kedua Lebaran, Perkumpulan Tosan Aji Brajabumi Sowan Bupati

Kemarin, di hari kedua Lebaran, atau Kamis, 06 Juni 2019, para pengurus dan anggota Perkumpulan Tosan Aji Brajabumi, sowan Bupati Kebumen, KH Yazid Mahfud. Pertemuan yang juga dihadiri Wakil Bupati, H Arif Sugiyanto itu, bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen.

Hadir dalam kesempatan tersebut H.R. Ageng Sulistyo Handoko beserta Bambang Ris selaku Dewan Penasehat Perkumpulan Brajabumi.

Dari jajaran Pengurus hadir Ki Setyo Budi (Ketua Umum), Ki Mujiono (Ketua 2), Ki Jana Kabumian (Sekretaris), serta pengurus lain seperti Ki Sugeng Winarto, Ki Haryadi, Gus Ainul Yaqin serta beberapa anggota Perkumpulan.

Penampilan Brajabumi yang mengenakan busana khas Perkumpulan Brajabumi yang banyak menonjolkan sisi budaya Jawa, menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian tamu-tamu yang hadirt. Apalagi pertemuan itu berbarengan dengan Open House yang digelar bupati dan wakil bupati.

Sambutan yang begitu terbuka dan menyenangkan diberikan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen. Tradisi Open House ini, memberi rasa haru tersendiri bagi masyarakat Kebumen yang hadir. Suasana terasa hangat, tidak ubahnya anak yang sowan bapaknya untuk menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri serta permohonan maaf lahir dan batin atas semua salah dan khilaf yang telah dilakukan.

Terlihat, kegembiraan warga semakin nyata. Tetamu yang  terus mengalir, beriringan dengan suguhan yang juga mbanyu mili alias tak kunjung habis karena terus dipasok. Selain makanan khas asli Kebumen, menu utama yang disajikan adalah Sate Ambal yang tetap menjadi favorit semua tamu.

Mengenakan setelan batik warna biru dengan motif khas Kebumen, bupati tampak sangat berwibawa. Sementara di sampingnya, ibu bupati yang nampak anggun dan cantik. Sementara Wakil Bupati mengenakan JasKo warna biru dongker yang menambah kharismatik.

Hadir pada kesempatan itu Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) diantaranya Kapolres Kebumen, Komandan Kodim 0709 Kebumen. Juga, Ketua DPRD II Kebumen, Ketua Pengadilan Kebumen, Kepala Kejaksaan. Serta, beberapa pimpinan dinas.

Dan, di tengah acara, Ketua Umum Perkumpulan Brajabumi, Ki Styo terlihat tampil di atas panggung, ikut menyumbang lagu campursari. Pecinta keris yang juga dalang Banyumasan ini, juga menyampaikan dukungannya pada pemerintah kabupaten dalam membangun Kebumen.

“Perkumpulan Brajabumi sangat mendukung program pemerintah daerah yang gencar meningkatkan dan mempromosikan potensi daerah. Terutama sektor seni budaya, pariwisata, kuliner, situs purbakala dan tentu saja Tosan Aji Nusantara,” ungkap Ki Setyo.(kib)

About redaksi

Check Also

Mengenal Dalang Kebumen-15:Ki Bambang Cahyono, Dalang yang Budayawan

Keberadaan dalang di wilayah Kabupaten Kebumen tersebar merata dan nyaris di setiap kecamatan ada.  Seakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *