Home / MAF / Dari Kulon Progo, Rempah Merah Nusantara Memikat Negeri Sakura
David Cooper Pimpinan Academy International Community in Japan (AICJ) Oshu Educational Foundation, Hiroshima, saat menerima oleh-oleh Rempah Merah Nusantara dari Indonesia.

Dari Kulon Progo, Rempah Merah Nusantara Memikat Negeri Sakura

Malam Ahad tanggal 20 April 2019, dua hari kemarin, Warga Kulon Progo, disuguhi unjukan spesial, Rempah Merah Nusantara. Hampir seribu orang, ngunjuk rempah merah saat digelar puncak perayaan ulangtahun Badan Koordinasi Paguyuban Kulon Progo (Bakor PKP), di Anjungan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Shunsuke Sekiguchi, GM E-Track Office Tokyo International University
Saat menerima oleh-oleh Rempah Merah Nusantara dari Indonesia.

“Ini minuman yang jos sekali. Juga menyehatkan karena bahan-bahannya alami dari tanaman rempah yang biasa kita jumpai di Kulon Progo,” kata Mas Romi, seorang anggota paguyuban yang malam itu, terlihat beberapa kali tandhuk alis nambah minuman.

Dan, tidak hanya anggota Bakor PKP yang mulai menggemari rempah merah. Masyarakat Jepang, kIni juga sudah mengenal rempah merah. Terutama Rempah Merah Nusantara, salah satu merk wedang uwuh spesial produksi Kulon Progo yang belum lama sudah memikat kepada masyarakat Negeri Sakura.

Perkenalan masyarakat Jepang denggan rempah merah terjadi saat 37 pelajar SMA Labschool Kebayoran Baru Jakarta Selatan melakukan studi tour ke negeri itu. Lengkap didampingi para guru, perjalanan yang bertajuk Musabi Sakura Trip itu, diadakan pada 31 Maret-8 April 2019 lalu.

Mereka sepakat untuk membawa Wedang Uwuh merk Rempah Merah Nusantara sebagai salah satu oleh-oleh spesial, oleh-oleh minuman tradisional khas Indonesia. Oleh-oleh tersebut mereka persembahkan kepada mipaku, yaitu keluarga tempat mereka tinggal di desa di pinggiran kota Hirosima.

Selain sebagai oleh-oleh untuk mipaku, mereka juga mempersembahkan Rempah Merah Nusantara kepada Shunsuke Sekiguchi, GM E-Track Office Tokyo International University dan juga kepada David Cooper Pimpinan Academy International Community in Japan (AICJ) Oshu Educational Foundation, Hiroshima.

Farras dan kawan-kawan saat berfoto bersama mipaku di Hiroshima.

“Oleh-oleh minuman rempah menjadi oleh-oleh yang sangat eksklusif bagi masyarakat Jepang. Udaranya yang sangat dingin di sana, minuman rempah juga mengandung khasiat yang luar biasa,”  ungkap Farras, salah satu peserta Musubi Sakura Program Tahun 2019.

Saat dikonfirmasi tentang kesannya setelah mencicipi minuman  khas Yogyakarta tersebut, Drs. Risang Danardana, MM merasa gembira sekali. “Saya suka sekali dengan minuman ini. Hangat, nikmat dan berkhasiat,”  ujarnya.(agt)

About redaksi

Check Also

Iki Loh Swasono nek Isuk-isuk Mlaku Nang Mbantul

Isuk tansah iseh adem. Srengenge durong ngetoke raine. dadi suasana iseh ketok peteng.  Ning, aku …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *