Home / MAF / Bela Beli-49: Hasto Wardoyo jadi Bupati Posdaya

Bela Beli-49: Hasto Wardoyo jadi Bupati Posdaya

Bupati Kulon Progo dr H Hasto Wardoyo, SpOG(K) pernah dijuluki sebagai Bupati Posdaya.  Semangatnya membangun Posdaya di seluruh Kabupaten Kulon Progo menghasilkan prestasi gemilang. Kemiskinan turun dalam waktu singkat, mencapai angka terendah dari 20 persen menjadi 12 persen. 

Inovasi berbagai program membawa Kabupaten Kulon Progo dikenal luas di masyarakat, maju dan berkepribadian.  Kulon Progo yang selama ini sebagai wilayah adem-ayem mendadak menjadi hingar-bingar.

Dinamika masyarakat berkembang seiring dengan kemajuan yang terjadi, ditambah perkembangan terbaru segera setelah pembangunan mega proyek terjadi di Kulon Progo.  Masyarakat tidak dapat tinggal diam, masyarakat juga tidak boleh hanya menjadi penonton dalam dinamika yang bergerak cepat di Kulon Progo.

Masyarakat Kulon Progo harus ikut terlibat dalam pembangunan dalam skala masif agar ikut merasakan denyut pembangunan wilayahnya. Masyarakat yang terlibat akan merasa memiliki daerahnya yang berkembang, masyarakat tidak apatis karena tertinggal dari dinamika pembangunan yang terjadi di sekelilingnya.  Untuk itulah menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah menyiapkan sumber daya manusia yang siap turut serta dalam pembangunan wilayahnya.

Bupati Kulon Progo yang memiliki slogan Kalau Cinta Kulon Progo Beli Kulon Progo, menjadi semangat baru bagi masyarakat Kulon Progo untuk membangun daerahnya.  Bupati bersama masyarakatnya bahu-membahu membangun untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Pembangunan dimulai dari lingkungan terkecil dengan keluarga sebagai basis utamanya.  Diharapkan pembangunan yang melibatkan seluruh warga akan mendapat dukungan penuh, masyarakat akan merasa memiliki handarbeni sehingga turut serta membangun, mengawasi dan memeliharanya.

Mencintai tanah air berarti mengolah apa yang ada di bumi, Kulon Progo yang kaya dengan sumber daya alam dapat  memberikan kemakmuran bagi seluruh warganya. Potensi alam luar biasa, mulai pertanian sebagai basis utama, bahan tambang dan mineral. Semuanya ada di Kulon Progo, di sana ada pegunungan Bukit Menoreh yang mashur.

Terhampar sawah dan ladang yang memberi kehidupan bagi masyarakatnya. Sedang di bagian selatan terdapat Samudera Hindia yang membentang luas dengan kekayaan dan biota lautnya.

Satu lagi kekuatan yang belum maksimal yakni sumber daya manusia handal yang terdapat di masyarakat Kulon Progo sehingga perpaduan dari semua unsur yang ada akan menjadi kekuatan dahsyat pembangunan untuk kesejahteraan masyarakatnya.  Kolaborasi pemimpin dan masyarakatnya memungkinkan untuk mewujudkan semua cita-cita di masa yang akan datang.(bersambung)

About redaksi

Check Also

Iki Loh Swasono nek Isuk-isuk Mlaku Nang Mbantul

Isuk tansah iseh adem. Srengenge durong ngetoke raine. dadi suasana iseh ketok peteng.  Ning, aku …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *