Home / RJ / Wingi Sore, 7 Kebun Warga Hargomulyo Kebakar

Wingi Sore, 7 Kebun Warga Hargomulyo Kebakar

Kamis sore, 2 Agustus 2018, sudah masuk pukul 17.30 WIB. Peristiwa mengejutkan terjadi saat ada tujuh lahan milik warga Tlogolelo, Hargomulyo, Kokap, Kulon Progo, Jogjakarta terbakar.

Polisi yang menerima laporan langsung bergerak ke lokasi. Menurut Kapolsek Kokap, AKP Satrio Arif Wibowo, anggotanya segera mengumpulkan bukti-bukti selain ikut terjun memadamkan api. “Pukul 20.15 wib Polsek Kokap menerima laporan telah terjadi  kebakaran kebun milik warga Dusun Tlogolelo, Hargomulyo, Kokap dan selanjutnya mendatangi tempat kejadian,” jelasnya.

Setelah di lokasi kejadian, tambah AKP Satrio, anggotanya mengumpulkan data-data dan sejumlah saksi. Diketahui ada tujuh lahan milik warga Tlogolelo yang kebakar. Dari seluruh lahan atau kebun yang terbakar kisaran luasnya ribuan meter.

Sejumlah saksi melihat api berasal dari atas arah barat tepatnya di tanah Sultan Ground. Api semakin menjalar ke bawah ke perkebunan milik warga Dusun Tlogolelo. Sejak pukul 18.30 WIB, warga bersama Damkar berusaha memadamkan secara manual dari pinggir  titik api.

Beruntung, pukul 21.00 WIB hujan turun sehingga sekitar pukul 21.20 WIB, api sudah padam. Dengan kejadian ini tidak menimbulkan  korban jiwa, hanya ratusan  pohon kecil.

Atas kejadian Kebakaran lahan atau hutan sampai saat ini belum diketahui sebabnya. Diduga, ada seseorang yang sedang membakar sampah di lahan paling atas. Tapi  karena tidak ada korban jiwa para pemilik sudah pasrah itu kejadian tidak disengaja.

Kepala Pelaksana BPBD Kulon Progo mengirimkan Satu Damkar. Tapi armada Damkar tidak memungkinkan ke titik api, karena kemiringannya mencapai 45 derajat.  Akhirnya, pemadaman dilakukan oleh petugas dan warga dengan cara manual yaitu menggunakan ranting basah dan pada saat itu turun hujan.  (yad)

About redaksi

Check Also

Jam 2 Mau, SMPN 4 Tambak & PPKP Baksos nang Sangkrek Kokap

Akhirnya, Bhakti Sosial dengan melakukan droping air bersih ke Dusun Sangkrek, Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *