Home / KANGBARNO / Silatnas Raja Sultan Nusantara Indonesia Siap Gelar Pekan Keagungan di Bali

Silatnas Raja Sultan Nusantara Indonesia Siap Gelar Pekan Keagungan di Bali

April tahun depan, Silatnas Raja Sultan Nusantara Indonesia akan menggelar perhelatan akbar. Bertaraf internasional dengan tajuk Pekan Keagungan Nusantara-Indonesia Harmony 2019. Tempatnya di Puri Agung Peliatan, Puri Agung Ubud dan Arma Museum di Kabupaten Gianyar, Bali. Acara besar ini, tepatnya digelar dari Minggu  7 April 2019 hinga Sabtu  13 April 2019.

Raja Samu-samu VI  De Laatste van Koning Stamboom , Sekretaris Jenderal Silatnas Raja Sultan Nusantara Indonesia menjelaskan menjelaskan perhelatan ini digelar selama 7 hari 7 malam. “Kami mengagungkan, menghormati , menjunjung tinggi peradaban adat istiadat dan budaya nusantara termasuk para leluhur yaitu Raja-raja , Sultan dan Panglingsir,“ katanya, kemarin.

Dalam acara itu,  setiap Kerajaan, Kesultanan, Kedatuan atau Puri Panglisiran akan menampilkan materi kegiatan, yaitu kesenian tradisional tari dan musik, peragaan busana khusus pakaian Raja, Sultan, Datu dan Penglingsir.

“Maksudnya adalah  pakaian daerah, dipamerkan benda-benda pusaka, silsilah artefak dan dokumen bersejarah yang menunjukkan keaslian seorang Raja, Sultan , Datuk dan Penglingsir,”tuturnya.

Kemudian diadakan dialog interaktif , pameran produk unggulan kepariwisataan potensi daerah dan pembangunan guna menarik minat investor ke setiap daerah. Lantas diadakan gala dinner makan malam Pekan Keagungan Nusantara Indonesia Harmony 2019.

Sengaja digelar  tanggal 7  April 2019 yang berarti sebelum Pemilu 19 april 2019, kegiatan ini dimaksud sebagai gambaran harmoni Indonesia yang mencerminkan Indonesia bersatu , Indonesia damai, dan Indonesia tentram. “Tentu saja, melalui adat-istiadat dan budaya sehingga setiap elemen bangsa harus memberikan dukungan demi terselenggaranya kegiatan ini,” ungkap Raja Samu-samu VI.

Dalam perhelatan itu, tambahnya, dua calon presiden akan dipertemukan. “Kami turut mewujudkan Indonesia bersatu damai dan tenteram dengan mempertemukan Capres-Cawapres yaitu Jokowi-KH Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Mereka akan disatukan dalam satu kereta kuda saat pembukaan, “ jelasnya. (C-1)

About redaksi

Check Also

Sewu Tumini untuk Pak Direktur

Ini tentang Tumini. Sesuatu yang baru, paling tidak buat saya yang belum pernah  mendengar ada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *