Home / PMD / Restu Angga Saktiawan, Juara Festival Dalang Anak Kulon Progo

Restu Angga Saktiawan, Juara Festival Dalang Anak Kulon Progo

Setelah sukses menggelar Festival Dalang Remaja, Dinas Kebudayan Kabupaten Kulon Progo kembali membuat gelaran serupa. Tapi kali ini, pesertanya masuk kategori anak-anak. Puncak penyelenggaraan dilakukan semalam, 4 Oktober 2018, di Taman Budaya Kulon Progo.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Kulon Progo, Drs. Untung Waluyo, potensi dalang anak-anak ternyata cukup banyak.  “Ini menggembirakan, karena bibit seni pedalangan khususnya di tingkat anak-anak di Kabupaten Kulon Progo cukup banyak. Kualitasnya juga bagus-bagus. Mulai dari cara memainkan wayang, otowecono, serta gaya bahasanya, bagus semua, ” jelasnya.

Festival Dalang Anak yang didanai dari anggaran Dana Keistimewaan Provinsi DIY itu, bisa menjadi modal untuk melahirkan dalang-dalang berkualitas di masa depan. Menurut Untung, festival ini salah satu tujuannya supaya anak-anak bersemangat dalam mengembangkan bakatnya, terutama dalam soal pewayangan. “Kita dukung, kita gali, maka mulai dari anak-anak ini harus terus dididik dalam bersastra serta berbudaya,” tegas Kadis Kebudayaan.

Setelah festival selama sepekan, terpilih sebagai penampil terbaik pertama Restu Angga Saktiawan dari Pengasih. Lalu,  penampil terbaik kedua Fransisco Ivan Apriyana dari Samigaluh. Sedang  penampil terbaik ke tiga diraih Janggan dari Sentolo.

Untung Waluyo menjelaskan, untuk penampil terbaik satu hingga lima akan mendapatkan uang pembinaan, tropy dan piagam. Semua akan diserahkan pada puncak acara hari jadi Kabupaten Kulon Progo. “Selamat anak anakku terus berprestasi, Lestari budayaku,” demikian kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo, Drs Untung Waluyo (yad)

About redaksi

Check Also

Fajar Gegana : Waspada Pandemi Covid-19, taati protokol kesehatan

Kokap, Kabarno.com – Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana pada Kamis sore, 24 September 2020 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *