Home / KANGBARNO / Pesta Kemerdekaan Dusun Nganti Kokap Bergemerlap

Pesta Kemerdekaan Dusun Nganti Kokap Bergemerlap

Bulan Agustus merupakan bulan pesta bagi bangsa Indonesia. Semarak pesta Hari Kemerdekaan RI ke 73 pun terasa sampai Dusun Nganti, Hargotirto, Kokap. Sepanjang ruas jalan dusun terpasang umbul-umbul dan bendera merah putih.

Pada tgl 17 Agustus 2018, bertempat di lapangan bola volly Cakra dengan khitmad Ibu-ibu Dusun Nganti melakukan upacara bendera. Setelah itu dilanjutkan dengan senam angguk. “Selamat jumpa-selamat jumpa para pemirsa, angguk ceria, angguk ceria junjung budaya.” Demikian petikan lirik lagu senam angguk yang mengiringi gerakan enerjik ibu-ibu Dusun Nganti yang melakukan senam.

Esok harinya, atau hari ini, Sabtu, tanggal 18 Agustus 2018  kolaborsi KKN dari UIN, UMY dan Cornida (Corps olah raga seni dan dakwah) Dusun Ngant, menggelar lomba menghias tumpeng.  Semua berjalan sukses, dikoordinator Rohmad Dangu Purwanto.

”Adapun kriteria penilaian meliputi estetika dan cita rasa, yaitu penampilan tumpeng yang menarik juga rasanya enak,” begitu  papar Ulul Maryam selalu panitia lomba  pada Kabarno.com, disela-sela kegiatan siang tadi.

“Ternyata Dusun Nganti banyak chef-chef tersembunyi, ” kata Ibu Suwarni, tokoh masyakat Dusun Nganti yang kompeten di bidang pendidikan, memberi apresiasi pada hasil lomba menghias tumpeng yang memang penuh kejutan menarik.

Selanjutnya beraneka ragam lomba tradisional kembali digelar. Lomba balap karung, menggiring balon dengan kipas, makan kerupuk, memecahkan plastik yang diisi air dengan mata tertutup. Semua bergembira, mengikuti kegiatan ini. Anak-anak, para remaja, dan ibu-ibu, larut dalam pesta kemerdekaan.

Perlombaan terus berjalan dengan sangat seru. Menghibur sehingga mengundang sorak-sorai serta tepuk tangan para penonton. Meski terkesan sederhana, kemeriahan perayaan Kemerdekaan, tetap memberi arti tersendiri.

“Untuk memeriahkan Agustusan, diadakan pula pertandingan bola volly plastik yang diikuti remaja putra dan para bapak-bapak.  Tempatnya di stadion engkong,” kata Dukuh Nganti, Abduk Malik Ar Royhan.(pur)

About redaksi

Check Also

Cungkup Makam Kiai Sorokusumo Mbanaran Rusak

Cungkup itu, terlihat tua. Bangunannya dengan jelas mengabarkan kerentaan: pendek, kusam karena lumut, genteng jadul, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *