Home / PMD / Ngadepi Lebaran, Para Tani ing Wijimulyo, Nanggulan Panen Pari

Ngadepi Lebaran, Para Tani ing Wijimulyo, Nanggulan Panen Pari

Nanggulan, Kabarno.com – Untuk memenuhi stock beras dan upsus swasembada pangan petani di wilayah Desa Wijimulyo, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, para petani melakukan panen padi, diinformasikan Serka Suparmadi, Babinsa Desa Wijimulyo, kepada Kabarno.com melalui pesan singkatnya.

” Kemarin sore, Sabtu, 1 Juni 2019, para petani melaksanakan panen padi di bulak Tegalsari, Wijimulyo, Nanggulan, Kulon Progo, secara bersama sama.”

Suparmadi menambahkan sebagai Babinsa membantu memanen padi Musim Tanam 2 (MT. 2), di lahan persawahan milik salah satu petani di wilayah Wijimulyo, memanen padi tersebut juga dibantu oleh petani lainnya. Pemanenan dilakukan secara manual, dengan menggunakan sabit untuk memotong batang padi, dan atang padi yang sudah terpotong kemudian disatukan, dikumpulkan untuk dilaksanakan perontokan bulir gabah dengan menggunakan alat erekan.

Tanaman padi di bulak Tegalsari pada musim tanam kali ini terawat dengan baik dan tidak ada serangan hama, sehingga produksi padi cukup bagus. Hal tersebut berkat keuletan petani dalam mengolah lahan dan merawat tanaman, serta adanya pendampingan yang dilakukan PPL dan Babinsa. ( swr, yah ).

About yadi haryadi

Check Also

BAGUNA PDI Perjuangan Kulon Progo cegah Covid-19 di enam titik

Pengasih, Kabarno.com – Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) PDI Perjuangan Kabupaten Kulon Progo pada Kamis, 26 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *