Melatih Pengurus Masjid Cara Memakmurkan Masjidnya

oleh -8 Dilihat
oleh

Ada 999 masjid yang dibangun Pak Harto. Dibangun oleh Yayasan Amalbakti Muslim Pancasila (YAMP), masjid ke-999 berada di Perumahan Pegawai Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang diresmikan 9 September 2009.

Selah Pak Harto sedo, semua masjid itu dinaungi paguyuban, koperasi, atau yayasan yang berada di bawah pengarahan YAMP dan Yayasan Dana Abadi Karya Bhakti (Dakab).

Pengurus YAMP dan Pengurus Yayasan Dakab berbagi  tugas untuk mewujudkan cita-cita memakmurkan masjid sekaligus membangun kesejahteraan umat di sekitar Masjid YAMP.

Jika Pengurus YAMP membangun ketrampilan masyarakat, lewat berbagai kegiatan pelatihan praktis, Yayasan Dakab mencarikan sumber pembiayaan, misalnya saja lewat skema kredit, tentu dengan syarat  tidak  berat.

Dan hasilnya, kini banyak pengurus masjid yang sukses membangun usaha. Misalnya saja, Pengurus Masjid YAMP di Kopeng, Ambarawa, Jawa Tengah. Mereka mampu mengembangkan sektor pertanian dengan metoda organik dan hidroponik.

Kisah sukses yang sama ada pada pengurus masjid di Kaliurang Jogjakarta, Tawangmangu Jawa Tengah, Batu Malang,  Lembang atau Cipanas Jawa Barat. Semua mampu mengembangkan berbagai usaha sesuai potensi daerahnya.

Sementara itu, masjid-masjid YAMP di kota-kota besar, kampus, perkantoran, atau perumahan mengembangkan usaha di bidang  jasa. Membuka warung makan, toko serba ada, serta toko alat tulis kantor.

Menurut Dr H Sulastomo, MPA, saat tampil di depan peserta pelatihan YAMP  di Surakarta,  tugas membangun memang sudah rampung. Kini, tugas berikutnya adalah memakmurkan masjid yang sudah dibangun.

Pada kesempatan yang sama, Khalifah  Baharuddin, Devisi Kredit Yayasan Dakab menjelaskan, pihaknya berbagi tugas dengan YAMP.  “Yayasan Dakab sudah mengucurkan dana ke 50 lembaga senilai Rp 50 juta untuk setiap lembaga,” jelasnya.

Setelah dana dikuncurkan, pada  tiga bulan pertama, akan dilakuakn evaluasi. Pada enam bulan,  pengurus yayasan  melakukan monitoring   secara acak. Tujuannya, memastikan usaha yang diusulkan berkembang. Apabila dibutuhkan, demi menambah kelancaran usaha yang sudah berjalan, pengurus paguyuban bisa mengajukan dana pinjaman tambahan.(tom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.