Home / KEMAT / Melati Sinebar & Keris Pamor Kerezekian

Melati Sinebar & Keris Pamor Kerezekian

Keris ini sering disebut Melati Sinebar. Memang. Sekilas, pamornya mirip dengan Pamor Tetesing Warih. Ada bulatan tersusun tiga (minimal), meskipun bentuk bulatannya kadang tidak sempurna. Jarak antar bulatan tidak jauh, berada  di tengah bilah. Secara tuah, keris yang tidak pemilih ini, cocok untuk mencari rezeki.

Begitulah sebilah keris. Tidak semata senjata tajam, tapi memiliki banyak makna bagi orang Jawa. Banyak yang meyakini, keris merupaka pusaka yang membantu menjalani hidup. Sejumlah pamor keris, bahkan dibuat oleh empu-empu waskita untuk kebutuhan mempermudah mencari rezeki, termasuk Sekar Sinebar. Dan Berikut beberapa yang lain.

SEKAR KOPI

Namanya Pamor Sekar Kopi. Jika dilihat pada bagian tengah bilah, ada garis tebal dari sor-soran hingga ujung. Lalu ada lingkaran-lingkaran bergerombol, dua atau tiga lingkaran menempel pada garis tebal. Itulah yang disebut biji kopi. Ini termasuk keris yang banyak dicari orang, karena memiliki tuah  yang baik untuk mencari rejeki. Meski  tergolong pamor yang langka, Sekar Kopi tidak pemilih.

BONANG RINENTENG

Agak mirip dengan Pamor Sekar Kopi, jika diperhatian betul bentuk Pamor Bonang Rinenteng ini. Yang membedakan, bulatannya tunggal.  Letaknya bisa di kanan atau kiri dengan pola yang selang seling.  Keris ini tidak pemilih serta diyakini memiliki tuah untuk memudahkan mencari rezeki.

WOS WUTAH

Ini termasuk pamor tiban, tapi tidak  sedikit yang menganggap sebagai pamor gagal karena diniatkan menjadi sebuah pamor  tertentu tapi tidak berhasil, justru membentuk pamor yang seperti beras tumpah. Tapi secara tuah, Wos Wutah cocok untuk mencarai rezeki. Pamor Wos Wutah sangat baik dimiliki siapa saja, karena ini termasuk keris yang tidak pemilih.

JUNG ISI DUNYA

Nama pamor ini sudah menunjukan tuahnya yang sengaja dibuat untuk mencari rezeki. Jung isi donyo adalah perahu yang berisi kekayaan. Pamor ini mirip Putri Kinurung hanya dibedakkan oleh bulatan kecil pada  bulatan yang lebih besar.

MANIKEM

Pamor Manikem, termasuk yang langka. Biasanya yang memakai pamor ini, tangguh Madura, meski bukan dari tangguh sepuh.  Dari sisi bentuk, sangat mirip dengan Pamor Melati Rinonce, hanya sedikit lebih besar bulatan-bulatannya. Sebagai keris yang tidak pemilih, tuahnya juga untuk kerezekian. (kib)

About redaksi

Check Also

Menguak Sejarah Keris Dhapur Kebo

Selepas petang, mari berkisah tentang keris Dhapur Maheso atau Kebo. Inilah jenis keris yang termasuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *