Home / RJ / Kulon Progo Bawa Lakon Lurah Kidul di Festival Teater Tradisi

Kulon Progo Bawa Lakon Lurah Kidul di Festival Teater Tradisi

Kabupaten Kulon Progo akan mengikuti Festival Teater tradisi yang akan berlangsung di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, besok, Kamis 28 Juni 2018.

Dari Untung Waluyo, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo  diperoleh informasi kontingen Kulon Progo, akan menampilkan lakon Lurah Kidul.  “Mohon do’a restu,  kontingen Kabupaten Kulon Progo dalam festival teater tradisional akan menampilkan  lakon Lurah Kidul, ” jelasnya di sela-sela gladi bersih di Taman Budaya Kulon Progo, kemarin.

Untung Waluyo menceritakan, pada  Festival Teater Tradisi itu, lakon Lurah Kidul akan ditampilkan di Auditorium ISI Yogyakarta. Cerita ini, diangkat dari mitologi Kanjeng Ratu Kidul, dengan latar belakang masyarakat pesisir kidul yang memiliki kesenian tradisional tari angguk.

Lakon ini juga bertemakan sosial kemasyarakatan dan berlatar belakang pemilihan Lurah yang penuh dengan intrik dan berbagai strategi untuk memenangkan pemilihan.

Sementara Wakil Bupati Kulonprogo Drs. Sutedjo Wiharso, meski tidak tahu tentang seni teater, menonton sekilas saja adegan peradegan. Dari satu peran yang menggambarkan tentang keprihatinan masyarakat yang perlu melek demokrasi. Harapannya, dalam lomba nanti Kulon Progo bisa membawa tropi kemenangan. (yad)

About redaksi

Check Also

Jam 2 Mau, SMPN 4 Tambak & PPKP Baksos nang Sangkrek Kokap

Akhirnya, Bhakti Sosial dengan melakukan droping air bersih ke Dusun Sangkrek, Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *