Home / PMD / KKN UNS Bersama BPP Panjatan tingkatkan ketahanan pangan ditengah pandemi Covid

KKN UNS Bersama BPP Panjatan tingkatkan ketahanan pangan ditengah pandemi Covid

Panjatan, Kabarno.com – Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melaksanakan Kuliah Kerja Nyata sebagai relawan covid-19 yang dilakukan secara individu dan di daerah domisili bekerjasama dengan BPP Panjatan.

“Saya menyampaikan berbagai inovasi,berbagai bentuk kegiatan, informasi mengenai virus Covid secara daring sampai pengelolaan lahan pekarangan untuk menyediakan pangan bagi keluarga di masa pandemi ini,” kata Istna Listiyani Mahasiswa UNS Selasa, 30 Juni 2020.

Budidaya Ikan dalam Ember dengan sistem aeroponik dan Kebun Keluarga di beberapa tempat warga yang terdampak Covid-19, yakni di Pedukuhan III Bugel, Panjatan, Kulon Progo.

Pentingnya pembuatan Budikdamber dan Kebun Keluarga di masa pandemi ini juga dikuatkan dengan dasar dilaksanakannya Obrol Bareng Penyuluh BPP Panjatan via WhatsApp di WAG RT 10 dengan narasumber Ikhwantara, S.TP.

Pelaksanaan kegiatan dipublikasikan dan diarahkan melalui WhatsApp Group RT 10 dan beberapa sosial media lainnya, seperti WAG Karang Taruna, WAG Kelompok Wanita Tani, Instagram(@kkncovidgumelar), dan YouTube(Istna Listiyani) yang dibuat Istna sejak awal KKN. Hanya saja ketika pendistribusian bahan memang harus terjun langsung ke lapangan membagikan ke rumah-rumah warga.

Ketua RT 10, Suyono mengatakan dengan adanya inovasi Budikdamber dan Kebun Keluarga dari KKN ini dapat memanfaatkan kekosongan lahan pekarangan, menjadikan pekarangan enak dipandang dan menjadi kegiatan dirumah baik pagi dan sore hari untuk memberi pakan lele ataupun menyiram tanaman.

“Meskipun kegiatan KKN dilakukan secara daring, warga tetap antusias mengikuti rangkaian kegiatan KKN yang telah dirancang,” tambah Pak RT.(yah)

About yadi haryadi

Check Also

Polsek Galur bersama Sarlinmas menuju AKB di Pantai Trisik

Galur, Kabarno.com – Satgas Kampung Tangguh Nusantara Menoreh Report Sistem Kulo Siaga Polsek Galur pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *