Home / KANGBARNO / Kisah NKS tampil dalam Story Telling 3 Bahasa Pelajar SMP Negeri 2 Kokap

Kisah NKS tampil dalam Story Telling 3 Bahasa Pelajar SMP Negeri 2 Kokap

Hari ini saya mendapat kiriman foto dan video dari Bapak Guru SMP N 2 Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Istimewa bagi saya di awal tahun 2019.

Cerita berawal dari acara di Balai Desa Hargorejo yang tanggal 21 Desember 2018 lalu, saat karang tarunanya menyelenggarakan sebuah acara. Dalam acara nan meriah itu ada satu hal yang menarik buat saya yaitu story telling 3 bahasa. Siapa yang membawakannya? Mereka adalah pelajar SMP Negeri Kokap, dekat dengan balai desa, dekat dengan kampung halamaan saya. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Jawa, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Ketiga pelajar SMP N 2 Kokap tersebut adalah Mutiara, Yulisa, dan Niken. Mutiara seorang pelajar klas 9 tampil menawan menuturkan biografi yang diambil dari Buku NKS dengan Bahasa Jawa. Pemilihan kata yang luar biasa untuk menceritakan isi buku tersebut. Bahasa Jawa tingkat tinggi yang bagi saya sendiri mungkin harus pakai teks untuk bisa menyampaikannya.

Sementara Yulisa melanjutkan cerita dari Mutiara dengan menuturkan isi NKS dengan bahasa Indonesia. Runut dan mengalir baik.sekali. Di bagian akhir, Niken menceritakan dalam Bahasa Inggris. Kekaguman tersendiri bagi saya terhadap Niken menguasai bahasa asing yang juga sangat penting.

Setelah acara di Balai Desa selesai, saya menemui salah seorang guru dan ingin menyampaikan ucapan terimakasih kepada ketiga siswi dan ingin memberikan buku NKS untuk mereka. Saya juga meminta kalau ada video saat mereka tampil di balai desa tp jika tidak ada, perlu diambil kembali videonya dengan latar belakang SMP N 2 Kokap yang ternyata hebat guru dan siswanya.

Dan hari ini, siswa hebat itu sudah membuat sejarah. Semoga buku NKS bisa menyemangati kalian untuk berkarya untuk negeri dan sukses dimasa depan. Saya tantang kalian buat film dari buku tsb. Pemerannya jangan terlalu ganteng ya, takut banyak yang protes. Dari pembuatan film itu kalian belajar banyak dari acting, ambil gambar, seting lokasi dan sebagainya.

Mengingat kembali masa SMP saya di tahun1981 sd 1984, kalau saya mampu berdiri di depan kelas saja sudah hebat, apalagi untuk mampu untuk berbicara di depan umum. Kemampuan berkomunikasi bahkan saat saya SMA, perguruan tinggi, dan saat awal bekerja pun sangat minim. Tapi, Mutiara, Yulisa, dan Niken, kalian hebat.

Selamat dan asah serta tingkatkan terus kemampuanmu. Isi hari-hari mu dengan hal-hal yang positif. Terimakasih sudah mau mengenal kulo dan mengenalkan Kulon Progo. Semangat terus untuk belajar dan raih cita-citamu karena sukses itu bisa dimiliki semua orang, bukan untuk orang yang mampu secara finansial saja. Asal kalian sungguh-sungguh mengupayakannya, dan jangan menyerah pada keadaan.

Untuk Bapak Ibu Guru SMP N 2 Kokap, terima kasih atas bimbingannya untuk anak negeri untuk Indonesia yang lebih hebat. Jasa Bapak Ibu Guru luar biasa bagi kami.(*)

About redaksi

Check Also

Menuju 16 Tahun Bakor PKP, Inilah Sejarah Ikabarata

Inilah Ikatan Keluarga Banaran Bantarjo (Ikabarata).  Salah satu paguyuban Kulon Progo yang memiliki anggota cukup …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *