Home / KEMAT / Jumat Pon, Saatnya Sowan Panembahan Senapati (6)

Jumat Pon, Saatnya Sowan Panembahan Senapati (6)

Kotagede. Kotaraja Mataram itu, dibangun di atas Alas Menthaok, pemberian Joko Tingkir, Sultan Pajang berjuluk Prabu Hadiwijaya. Dibangun oleh Ki Ageng Pemanahan, Mataram berkembang dalam bentuk yang indah, di tangan Sutawijaya ya Panemban Senapati, yang masyur sebagai penguasa istana Mataram, setelah Sang Pemanahan (ayahandanya) mangkat.

Dalam catatan De Haen, peneliti Belanda yang tahun 1623 pernah datang ke Mataram, Kotagede dilukiskan sebagai kota yang memang gede alias besar, luas dalam arti yang sesungguh-sungguhnya; gede luasnya, gede penduduknya, serta gede perbawanya.

Selain memiliki jalan yang lapang, Haen mendiskripsikan Kotagede yang merupakan pusat Kerajaan Mataram dikelilingi benteng kokoh dengan parit sebagai barikadenya. Di dalam benteng, juga berdiri banyak bangunan bagus, termasuk lumbung padi yang menyimpan persediaan makan berlimpah.

Kini, di Kotagede yang makin riuh, masih bisa ditemukan sisa kebesaran Mataram. Puing benteng juga di beberapa tempat dapat ditemukan. Di Dusun Kedaton dan Dusun Dalem, dulunya ada di dalam cepuri, reruntuhan benteng bisa dijumpai. Benteng yang memiliki bokong semar (dulunya tembok sebelah tenggara yang bentuknya menyerupai bagian belakang wayang Semar ) ini, juga  masih bisa ditemukan di Makam Hasta Rengga.

Benteng yang mengaga sebesar tubuh manusia itu, masih sering mengalirkan cerita heroic tentang Raden Rangga. Konon, tembok itu jebol diterjang salah seorang putra Panembahan Senapati, yang terkenal urakan dan sakti itu. Kini, orang menyebut reruntuhan tembok itu dengan Benteng Raden Rangga.

Demi kemegahan istana Mataram, cepuri Kotagede dibangun tahun 1592. Tembok penyokong kejayaan bumi Menthaok itu, dibangun melengkapi kemegahan Mataram selain taman Danalaya di selatan, gedong pusaka Prabayeksa, hutam perburuan Krapayak, serta masjid gede.(bersambung)

About redaksi

Check Also

Mengenal Dalang Kebumen-15:Ki Bambang Cahyono, Dalang yang Budayawan

Keberadaan dalang di wilayah Kabupaten Kebumen tersebar merata dan nyaris di setiap kecamatan ada.  Seakan …

One comment

  1. Appreciating the hard work you put into your site and detailed
    information you provide. It’s awesome to come across a blog
    every once in a while that isn’t the same old rehashed information. Wonderful read!

    I’ve saved your site and I’m including your RSS feeds to my Google account.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *