Home / PMD / Jamaah Masjid Al Furqon Mayang Pratama Gelar Gerhana Bulan Total

Jamaah Masjid Al Furqon Mayang Pratama Gelar Gerhana Bulan Total

Sabtu dinihari tadi, 28 Juli 2018, terjadi gerhana bulan total di Indonesia. Peristiwa alam ini, ditanggapi bermacam-macam. Masyarakat Muslim umumnya menyelenggaraka sholat sunnah muakadah, khusufil qomar.

Juga, jamaah Masjid Al Furqon Mayang Pratama, Bekasi menggelar sholat berjamaah di Masjid Al Furqon. Sholat dipimpin ustadz Ali Yusron Nasution, Sag sebagai imam.  Ali Yusron mengingatkan jamaah karena sholat sunnah khusuf jarang terjadi maka dimulai dari niat.

Sedang pelaksanaannya ada dua fatihah du satu rakaat, dua surat di satu rakaat. Jadi shalat sunnah khusuf dua rajaat dengan empat fatihah dan surat. Shalat sunnah gerhana lanjutnya, tidak ada kaitannya dengan gelombang pasang. Juga tidak ada hubungannya dengan kelahiran dan kematian.

“Semata karena Allah yang mengingatksn manusia melalui tanda-tanda alam, sebagaimana pergantian siang dan malam,” terangnya.

Masyarakat jahiliyah menurutnya, mengaitkan gerhana dengan kelahiran dan kematian manusia. Budaya masyarakat bahkan masih banyak diikuti, misalnya orang hamil tidak boleh keluar rumah. Ada lagi masyarakat membunyikan tetabuhan agar bulan segera dilepaskan.

Ali Yusron menegaskan, semua harus kembali kepada ajaran sunnah. Gerhana bulan dan matahari kejadian alam seperti adanya siang dan malam.(IAR)

About redaksi

Check Also

Sri Jaran kagungane Mbah Timbul Sukomoyo njaluk dikirab ing Talunombo Sidomulyo Pengasih

Pengasih, Kabarno.com – Cerita di balik acara adat tradisi Merti Dusun dan Petilasan Damarwulan di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *