Home / PMD / Hajad Ageng Puro Pakualaman Labuhan Ing Pantai Glagah

Hajad Ageng Puro Pakualaman Labuhan Ing Pantai Glagah

Temon, Kabarno.com – Hajad Dalem Puro Pakualaman berupa Labuhan di Pantai Glagah berjalan lancar dan khidmat. Selasa, 10 September 2019, Ratusan masyarakat pagi tadi sudah memadati lokasi labuhan.

” Mereka yang datang tidak hanya sekadar menonton, tapi juga mencari berkah dengan mengambil bahan makanan yang ditaruh di atas gunungan setelah dilarung.” kata Marjono warga Glagah.

Marjono menambahkan acara labuhan bagi masyarakat jawa khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta sangat dinantikan, konon menurut cerita siapapun yang mendapatkan sesuatu di acara labuhan akan mendapatkan kebahagian sesuai apa yang mereka peroleh, namun semua tergantung Gusti Allah.

Sementara KPH Kusumo Prasoto sebagai koordinator Labuhan mengatakan dalam kegiatan yang rutin diselenggarakan tiap 10 suro ini melarung berbagai macam sayuran, padi dan kain. Ketiganya dipilih karena berdasarkan kepercayaan melambangkan kemakmuran.

” Upacara ini sebagi bentuk terimakasih kepada Tuhan dan memohon agar Kadipaten Pura Pakualam dan masyarakat bisa selalu diberi keselamatan.” Jelas KPH Kusumo Prasoto. ( yah )

About yadi haryadi

Check Also

Pendistribusian BPNT di Desa Pagerharjo berjalan lancar

Samigaluh, Kabarno.com – Pendistribusian Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT ) di Desa Pagerharjo, Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *