Home / KEMAT / Berburu Tuah Keris Semar Mesem

Berburu Tuah Keris Semar Mesem

Dalam banyak cerita, keris Semar Mesem, dikenal sebagai pusaka kewibawaan dan pengasihan. Tapi orang lebih banyak mengenal Semar Mesem pelet tingkat tinggi. Pusaka ini konon sudah ada sejak jaman kerajaan lampau.

Ada kekuatan gaib pusaka Semar Mesem yang amat tinggi. Daya gaib  ini yang sangat luar biasa dari pusaka ini membuat diburu banyak orang.  Mereka ingin mendapatkannya dengan cara ritual di suatu tempat tertentu,  meski tidak sedikit juga yang membelinya dengan cara dimaharkan.

Memang pusaka ini tergolong langka, terutama bila ditilik dari khasiat dan  keampuhannya. Pusaka ini berbentuk seperti Semar dalam pewayangan. Bahan pembuatan keris dari logam kuning dengan panjang 4cm. Keampuhannya,  untuk pelet atau memikat lawan jenis. Padahal pusaka ini juga untuk menambah tebal aura keberuntungan.

Bentuk pusaka ini seperti keris kecil, memiliki ukuran tinggi 6, 5 cm dan lebar 4 cm. Meski sebetulnya benda ini bukan sebuah keris dan pada ujungnya terpatri bentuk Semar. Konon Keris Semar Mesem ini pernah digunakan oleh pembantu Jaka Tingkir, bernama Ki Ageng Pemanahan cucu dari Ki Ageng Selo yang banyak memikat hati lawan jenis.

Sebutan Semar Mesem, diidentikkan dengan ajian pengasihan yang digunakan untuk memikat pihak lain. Seperti diketahui dalam cerita pewayangan, Semar memang memiliki banyak ajian sakti. Sebab dia sesungguhnya adalah seorang dewa yang sengaja bertugas membimbing para ksatria.(c-1)

About redaksi

Check Also

Mengenal Dalang Kebumen-15:Ki Bambang Cahyono, Dalang yang Budayawan

Keberadaan dalang di wilayah Kabupaten Kebumen tersebar merata dan nyaris di setiap kecamatan ada.  Seakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *