Home / PMD / 15 Desa Budaya se Kulon Progo tampil di Gua Kiskendo Jatimulyo Girimulyo

15 Desa Budaya se Kulon Progo tampil di Gua Kiskendo Jatimulyo Girimulyo

Girimulyo, Kabarno.com – Selama 2 ( dua ) hari 5 dan 6 Oktober 2019 Dinas Kebudayaan DIY berkerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Gelar Potensi Desa Budaya dengan tema “Nyawiji Greget Sengguh Ora Mingkuh” dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan DIY Aris Eko Nugroho,

” Ke 15 Desa Budaya yang tampil di pelataran Gua Kiskendo, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, bentuk gelar potensi desa budaya ini untuk mengenalkan budaya lokal kepada masyarakat luas utamanya generasi muda yang akan menjadi pelestari budaya – budaya lokal di masa yang akan datang.”

Aris menambahkan selain atraksi 15 Desa Budaya menampilkan kesenian juga dipamerkan produk-produk UMKM dari 15 Desa Budaya dari masing-masing peserta gelar potensi desa wisata.

Wakil Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo Wiharso menyambut gembira dan mengapresiasi penyelenggaraan gelar potensi Desa Budaya di Obyek Wisata Gua Kiskendo, Dipilihnya Desa Jatimulyo sebagai tempat penyelenggaraan acara gelar potensi Desa Budaya tidak lepas dari Desa Jatimulyo yang merupakan desa wisata berbasis budaya dan religi. Desa Jatimulyo sendiri merupakan penyangga kepariwisataan di Yogyakarta khususnya Kabupaten Kulon Progo karena memiliki berbagai destinasi wisata alam unggulan.

” Ada Gua Kiskendo, Taman Sungai Mudal, Air Terjun Kembang Soka, Grojogan Sewu hingga Kedung Pedhut. Selain wisata alamnya, Desa Jatimulyo juga dikenal dengan budayanya yang kuat dan toleransi antar umat agama yang tinggi.” tambah Pak Wakil. ( yah )

About yadi haryadi

Check Also

Pak Tentara blusukan ing sawah Jatisarono, Nanggulan

Nanggulan, Kabarno.com – Kang Mulyono, salah satu petani anggota Kelompok Tani Ngudi Makmur, Jatisarono, Kulon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *