Home / PMD / Wis Rong Sasi Punjul, Warga Nabin Sidomulyo Kekeringan

Wis Rong Sasi Punjul, Warga Nabin Sidomulyo Kekeringan

Sudah dua bulan ini, puluhan Kepala Keluarga Dusun Nabin, Sidomulyo, Pengasih Kulon Progo bekerja keras. Setiap hari, mereka harus mencari sumber air bersih di dekat sungai. Sebab, sumur atau mata air di sekitar rumah sudah tidak keluar air bersih.

Seorang warga bernama Maryoto, mengakui hal itu. Saat ditemui Kabarno.com Senin siang, 6 Agustus 2018, bercerita tentang kesulitan air bersih yan sudah dialami warga lebih dari dua bulanan. Jadilah, semua warga harus mencari air di tempat lain.

“Njih sampun wonten kalih wulan langkung kulo sak konco mendet banyu ing pinggir lepen puniko, jalaran sumur sak kiwo tengen sampun asat,” katanya mengisahkan perjuangannya mencari air bersih untuk kehidupan sehari-hari.

Maryoto menambahkan pekerjaan mengambil air bersih ditepi sungai ini sudah dua bulan lebih, meskipun menggunakan sepeda motor tetapi jauh juga. Dari rumah sampai pinggir sungai ini jaraknya berkisar dua kilo. Satu kali jalan mereka mengambil air di dekat sungai lebih dari tiga kali.

Gino, warga yang lain membenarkan bahwa kekeringan di Kulon Progo memang cukup lama. Beberapa hari lalu di sekitar Nabin Sidomulyo Pengasih sempat terjadi hujan, namun tidak deras, tanah saja tidak basah.

Puluhan warga Nabin Sidomulyo Pengasih berharap pemerintah untuk segera membantu, terkait laporan kekeringan menurutnya sudah dilaporkan kepada yang berwenang. (yad)

About redaksi

Check Also

PMI Kulon Progo siap bantu dengan nomer whatsApp baru

Wates, Kabarno.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kulon Progo siap membantu kapanpun dengan nomer WhatsApp …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *