Home / KANGBARNO / Warga DIY di Jakarta Terharu Bisa Berjabattangan dengan Ngarso Dalem

Warga DIY di Jakarta Terharu Bisa Berjabattangan dengan Ngarso Dalem

Tepat jam setengah sebelas, Ngarso Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X, rawuh di gedung Lemhanas Jakarta. Suasana haru, karena Ngarso Dalem dan Kanjeng Ratu Hemas, disambut antusias.

Dalam suasana takjim, semua kawulo Ngayogyokarto, menyalami Kanjeng Sultan dan Kanjeng Ratu.

Gubernur DIY dan Ratu Hemas, diiringi poro putri, Gusti Mangkubumi dan Gusti Hayu. Terlihat pula Wakil Gubernur DIY, KGPAA Pakualam X.

“Kita sebagai masyarakat Jogja yang menghormati tradisi, berusaha melestarikan tradisi Syawalan, termasuk dengan Ngarso Dalem,” kata, Suryo S Negoro dari Forum Intelegtual dan Budayawan Jogjakarta (Forinba).

Forinba, tambahnya, tidak bisa dipisahkan dengan Jogjakarta. “Forimba itu terdiri dari masyarakat Jogja di setiap lapisan. Ada budayawan, intelegtual, profesor, hingga rakyat biasa,” jelasnya.

Intinya hari ini, kata Bupati Bantul , Suharso mewakili para bupati di lingkungan Pemprov DIY, adalah silaturahmi dan saling membantu. “Dulu saya juga ketua ikatan keluarga Bantul waktu masih di Jakarta, nanti kita bisa saling berbagi pengalaman,” kata bupati Bantul.

Sementara itu dari Ikatan Keluarga Gunung Kidul (IKG), menyampaikan kebagaiaannya bisa bertemu Ngarso Dalem. “Semua berharap bisa berjabat tangan langsung dengan Kanjeng Sultan. Apalagi bisa berdofo bersama dengan Ngarso Dalem, pasti akan dipajang di dinding rumah selama hidup,” kata Ketua IKG, Sukirman.

“Kami siap didawuhi apapun oleh Ngarso Dalem. Diperintah ngglongsor pun, siap,” tegas Ketua IKG.(kib)

About redaksi

Check Also

Ki Setyo Budi, Bakal Calon Bupati Kebumen-9: Berkarib dengan Kiai Pujiman Ali Wonokromo

Menelusur wilayah Kebumen bagian Utara, kita akan sampai di Desa Wonokromo, desa di perbukitan yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *