Home / KANGBARNO / Ringankan Anggotanya yang Terdampak Corona, KPDJ Baksos di Cikarang

Ringankan Anggotanya yang Terdampak Corona, KPDJ Baksos di Cikarang

Komunitas anak-anak muda yang tergabung dalam Kulon Progo di Jabodetabek (KPDJ) kembali menggelar bakti sosial. Dalam satu bulan ini, KPDJ memang sangat massif melakukan Baksos. Dan, kali ini di Cikarang.

“Kita memang agak sering melakukan Baksos, bisa seminggu sekali. Karena memang kawan-kawan yang terdampak wabah Corona cukup besar. Anak-anak KPDJ umumnya bekerja di pabrik-pabrik yang merumahkan karyawannya,” kata Yanto Alimonsa, sesepuh KPDJ yang sangat aktif mengetuk kepedulian di tengah pandemi Covid 19.

Ini, tambahnya, adalah kelima kalinya dalam satu bulan belakangan, KPDJ melakukan Baksos. Pertama di Korwil Tangerang, kemudian Serang, DKI Jakarta, Bogor, dan sekarang di Korwil Cikarang.

“Alhamduilillah, kepedulian terus mengalir. Pertama memang diawali Mas Irwan dari Kabarno.com yang melakukan penggalangan dana. Salah satu yang mendapat distribusi adalah KPDJ.  Kemudian kami lanjutkan secara swadaya, dengan mengetuk kepedulian para senior di KPDJ,” jelas Yatno.

Setelah para senior bergerak, menurut Yatno Alimonsa, anak-anak muda KPDJ ikut termotivasi. Maka lahirlah kegiatan Open Donasi KPDJ yang merupakan penggalangan dana untuk seluruh Koordinator Wilayah (Korwil).

“Jadi semua anggota KPDJ di masing-masing Korwil ikut berpartisipasi. Mereka menyumbang semampunya, tidak dipatok harus berapa. Berkat kekompakan mereka, lumayan yang bisa dikumpulkan,” ungkap senior KPDJ yang biasa dipanggil Mbah Yatno, ini.

Hasil pengumpulan saweran ini, yang akan menjadikan baksos KPDJ yang sudah dimulai secara swadaya para senior, bisa dilanjutkan. “Mudah-mudahan bisa terus berlanjut, sehingga semakin banyak anggota KPDJ yang bisa diringankan bebannya akibat terdampak Covid 19,” tuturnya.

Seperti diketahui, Kabarno.com dan Koranpelita.com memang pernah menggelar penggalangan dana. Dimulai awal April hingga ditutup pada 28 April 2020. Proses distribusi selesai dilakukan. Setelah itu, management Kabarno.com secara mandiri juga ikut berpartisipasi kepada sejumlah panguyuban masyararat Kulon Progo.

“Ini saatnya kita membangun solidaritas. Mudah-mudahan, pandemi Covid 19 segera selesai, sehingga yang terdampak bisa kembali pulih,” kata Irwan, Founder Kabarno.com dan Koranpelita.com, berharap.

Selain berdonasi di Open Donasi KPDJ, Kabarno.com memang ikut berpartisipasi dalam penggalangan dana yang dilakukan beberapa paguyuban. Ada Paguyuban Warta Teganing (Pawarta) Hargotirto, Paguyuban Plumbon, Warga Sogan, Ikatan Keluarga Banaran Bantarjo di Jabodetabek (Ikabarata), Komunitas Janturan Satu, Komunitas Cipinang. (kib)

About redaksi

Check Also

Mengenal Dalang Kebumen-17: Ki Slamet Cermo Harsono, Masternya Gending Kebumenan

Keberadaan gending dalam sebuah pertunjukan wayang (wayang kulit, wayang golek ataupun wayang wong) adalah sesuatu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *