Home / KANGBARNO / Baksos di Hargotirto, Pawarta Santuni Warga yang Terdampak Covid 19

Baksos di Hargotirto, Pawarta Santuni Warga yang Terdampak Covid 19

Bakti Sosial Paguyuban Warga Teganing (Pawarta) Desa Hargotirto, Kapenewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, sudah selesai digelar. Dana hasil penggalangan untuk masyarakat terdampak Covid 19, juga telah disalurkan kepada yang berhak menerima.

“Alhamdulillah bakti sosial peduli kampung halaman terdampak covid 19 sudah selesai di distribusikan di lima dusun di Hargotirto,” kata Pak Kiyat, Ketua Pawarta.

Lima dusun yang menjadi sasaran distribusi sumbangan adalah Teganing 1, Teganing 2, Teganing 3, Nganti dan Sekendal. Kegiatan didukung juga oleh Kepala Desa Hargotirto berikut perangkatnya. Termasuk Karang Raruna  dusun setempat.

Saat penyerahan bantuan di salah satu rumah warga Sadaran, tampak hadir dalam proses distribusi, Sabarno sebagai Kepala Desa beserta staf, Babinsa dan Babinkamtibmas. Secara simbolik, bantuan diserahkan Fari, dari Panguyuban Pawarta.

Para penerima sumbangan, tambah Rohman, adalah warga kampung yang dirasa layak. Mayoritas merupakan para orang tua yang sudah tidak mmpu bekerja karena faktor usia.

“Baksos kali ini, memang khusus untuk warga di kampung halangan, karena untuk warga perantaunya meskipun kondisi sedang sulit tapi masih lebih baik. Mereka yang di kmpung halaman jauh lebih membutuhkan,” jelas Rohman, Koordinator Baksos Pawarta.

Dari total donasi, warga Hargotirto yang bisa disantuni ada 171 warga di lima dusun di Desa Hargotirto.

Penggalangan dana ini, juga didukung oleh semua anggota Pawarta di Jabodetabek, sehingga dana yang terkumpul sejumlah Rp 17.600 .000. “Terima kasih kepada semua dermawan yang sudah menyisihkan rezekinya,” ungkap Rohman.

Selain partisipasi anggota Pawarta, sumbangan juga datang dari managemen Kabarno.com serta masyarakat Kulon Progo yang lain.

Menurut Irwan, Founder Kabarno.com dan Koranpelita.com, pihaknya hanya bisa membantu dalam jumlah kecil. Selain dalam penggalangan dana yang dilakukan Pawarta, Kabarno juga ikut berpartisipasi pada penggalangan dana di Paguyuban Plumbon, Warga Sogan, Ikatan Keluarga Banaran Bantarjo di Jabodetabek (Ikabarata), Komunitas Janturan Satu, Komunitas Cipinang, serta Open Donasi KPDJ.

“Ini saatnya kita membangun solidaritas. Mudah-mudahan, pandemi Covid 19 segera selesai, sehingga yang terdampak bisa kembali pulih,” kata Irwan berharap.(kib)

About redaksi

Check Also

Mengenal Dalang Kebumen-17: Ki Slamet Cermo Harsono, Masternya Gending Kebumenan

Keberadaan gending dalam sebuah pertunjukan wayang (wayang kulit, wayang golek ataupun wayang wong) adalah sesuatu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *