Home / PMD / Puluhan hektare sawah di Temon kekurangan air

Puluhan hektare sawah di Temon kekurangan air

Temon.Kabarno.com – Sejumlah petani di wilayah Desa Plumbon, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo hampir tiga minggu ini sudah merasakan kekurangan air, puluhan hektare sawah di Desa Plumbon kering, dikatakan Sutrisno Ketua P3A Desa Plumbon Sutrisno sewaktu di jumpai Kabarno.com di bulak hektare Sitogor Sabtu, 25 Mei 2019.

” Sabin ing mriki sampun 3 minggu langkung kekirangan banyu, jalaran irigasi ingkang dipun ginakaken sami rusak lan kathah ingkang bocor utawi rembes.”

Sutrisno menambahkan pemilik sawah yang ada di bulak Sitogor banyak yang mengeluh yang disebabkan air irigasi yang mengaliri persawahan bulak Sitogor sudah hampir satu bulan tidak mengalir.

Salah satu warga yang juga petani penggarap di bulak Sitogor menuturkan hingga saat ini para petani hanya menghandalkan sawah yang ada di bulak Sitogor, yang biasanya bisa menanam baik padi maupun polowijo dengan tidak ada airnya petani hanya bisa bertahan dengan air seadanya, padahal sawah di bulak Sitogor saat ini baru di tanami padi, dimungkinkan nantinya petani di Desa Plumbon gagal panen.

Harapan para petani di wilayah bulak Sitogor, agar irigasi dibenahi dan jangan sampai bocor atau rembes sehingga air irigasi mengalir dengan lancar. ( yah )

About yadi haryadi

Check Also

Warga Purwosari isolasi mandiri terdampak Covid dapat bantuan

Girimulyo, Kabarno.com – KSB Bhakti Purwosari bersama Babinsa Bhabinkamtibmas Kalurahan Purworasari, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *