Home / KEMAT / Payungi Diri dengan Keris Satria Pinayungan

Payungi Diri dengan Keris Satria Pinayungan

Ingin dipayungi dari orang yang senang iri, inilah keris yang cocok, Satrio Pinayungan. Keris yang banyak dikoleksi para pengusaha sukses yang banyak saingan.

Memiliki pamor bernama Satria Pinayungan, keris ini termasuk langka. Sebab, yang benar-benar bertuah, sudah berada di tangah para juragan. Atau disimpan kolektor yang sudah merasakaan sendiri tuahnya.

Ada dua Pamor Satria Pinayngan. Pertama pamor pada sisi sor-soran. Pamor ini bisa model hiasan, apa saja. Ada yang hiasannya model Wos Wutah atau yang alin. Kemudian di dekat ujung keris, ada Pamor Kudhung.

Nah Pamor Satria Pinayungan dengan gaya seperti itu, umum dijumpai di Surakarta dan wilayah-wilayah penyangga di bagian timur. Amat jarang pamor yang model Wos Wutah di bawah dan Kudhung di atas dijumpai di Jogjakarta.

Lalu Pamor Satria Pinayungan seperti apa yang ada di Jogja? Biasanya, di bagian sor-soran ada motif pamor Udan Mas. Hanya saja bentuknya teratur dengan tiga bulatan mendatar, lalu bulatan itu meerata semakin ke atas bulatan itu menghias bilah.

Meski ada dua model Pamor Satria Pinayungan, tidak ada yang salah dan benar. Keduanya sama-sama diakui sebagai Satria Pinayungan. Para penggiat keris, pecinta, dan kolektor juga menerima dua perbedaan itu dengan wajar. Toh, Surakarta dan Jogjakarta memang memiliki gaya sendiri-sendiri.

Selanjutnya, bagaimana dengan tuah pamor Satria Pinayungan? Baik yang gaya Jogja maupun Surakarta, tuahnya sama. Inilah keris yang mampu memberi perlindungan, terutama dari mereka yang sirik.

Satria Pinayungan yang model Surakarta, memang sangat pas untuk tokoh yang bekerja di pemerintahan. Sementara itu, Satira Pinayungan gaya Jogjakarta, amat cocok bagi pengusaha sukses.(kib)

About redaksi

Check Also

Mengenal Dalang Kebumen-15:Ki Bambang Cahyono, Dalang yang Budayawan

Keberadaan dalang di wilayah Kabupaten Kebumen tersebar merata dan nyaris di setiap kecamatan ada.¬† Seakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *