Home / PMD / Paguyuban Mocopat Laras Iromo dari Glagah Sukses Lakukan Regenerasi

Paguyuban Mocopat Laras Iromo dari Glagah Sukses Lakukan Regenerasi

Kecamatan Temon, menjadi tuan rumah Mocopatan yang digelar Bidang Sastra dan Bahasa, Dinas Kebudayaan Kulon Progo. Inilah gelaran seni tradisional yang diadakan bergantian di setiap desa, selapan ndino sepisan.

Seni Mocopat, memang agak jarang dijumpai. Itu yang Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo melalui Bidang Sastra dan Bahasa setiap selapan sakali menggelarnya.  Seni Mocopat ini, mengambil tempat di semua daerah di Kulon Progo.

Menurut Yohanes Suyanto Spd, selaku penyelenggara,  dengan digelar berpindah pindah, pihaknya berharap, seni Mocopat tidak luntur. Apalagi selain adiluhung, banyak ajaran yang bisa dipetik dari tembang-tambang mocopatan.

“Pancen leres mas, awakipun piyambak kedah ingkang sumanak, sumeleh dumugi papan pundi kemawon kedah kito lampahi. Jer puniko minangka nguri-uri budoyo mocopat, sinten menawi mboten awakipun piyambak,” ungkapnya.

Suyanto bangga pada putaran di wilayah Temon, pelaku seni mocopat yang diwakili kelompok Laras Iromo, banyak peserta anak-anak. Dari 25 pelaku seni mocopat, separuhnya anak-anak dan rata-rata duduk di bangku Sekolah Dasar.

Camat Temon, Joko Prasetyo SH, berterima kasih kepada Paguyuban Mocopat Laras Iromo dari Desa Glagah. Juga kepada Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo yang telah berkenan memberi kesempatan Kecamatan Temon mendapat giliran menjadi tempat Mocopatan. (yad)

About redaksi

Check Also

Kapolsek Nanggulan : Aja mung nek ana operasi le nganggo masker

Nanggulan, Kabarno.com – Jajaran Kepolisian Sektor Nanggulan Polres Kulon Progo selaku anggota Kampung Tangguh Nusantara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *