Nyadran Ageng Jombokarto Siap Digelar Sebentar Lagi

oleh -35 Dilihat
oleh
Tadi malam, masyarakat Dusun Jombokan melakukan tahlil, jelang Nyadranan

Hari ini Senin,  7 Mei 2018 adalah puncak acara nyadran di Dusun Jombokan, Tawangsari,  Pengasih,  Kulon Progo.

Semua persiapan sudah melalui beberapa rangkaian acara dan kegiatan yang dimulai Ahad pekan yang lalu. Dengan semangat gotong-royong warga kerja bakti membersihkan Makam Banaran   yang berlokasi di Rt.  39/20 Dusun Jombokan.

Kerja bakti ini disengkuyung atau dibantu oleh warga dari luar dusun tapi mempunyai leluhur di makam tersebut. Semua terlihat guyup dan makam tertua di Jombokan itu, terlihat padang njinglang.

Untuk acara hari ini, panitia telah mempersiapkannya dari Ahad  kemarin,  dengan memasang tenda dan membersihkan gang yang lokasinya tidak jauh dari makam. Semua sudah rapi, tinggal menunggu tetamu.

Tadi malam , masyarakat juga sudah mengisi nyadaran dengan tahlil dan berdoa untuk para leluhur. Dilanjutkan, lek-lekan semalam suntuk sebagai bagian dari tirakatan. Guyup dan gayeng, karena event ini digelar hanya sekali dalam setahun.

Bakda dhuhur biasanya warga mulai berdatangan. Tua, muda dan anak-anak pun tidak ketinggalan. Beberapa warga ada yang membawa makanan dengan cara dipikul yang siap dibagikan untuk tujuan sedekah, yang biasanya dilaksanakan setelah tahlil dan doa bersama yang dipimpin rois dusun.

Dari pihak Pemerintah Desa Tawangsari pun hadir. Kepala Desa dan beberapa perangkat menyertainya. Selain silaturahim dengan warga, biasanya untuk menyampaikan program kerja atau informasi yang lain.  Dari kegiatan nyadran ini bisa menambah keimanan (ziarah) , bersilaturahim, kebersamaan, gotong-royong dan sedekah.(eMKa69)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.