Home / KEMAT / Mlipir ke Mangir-5: Mencari Ratu Pembayun

Mlipir ke Mangir-5: Mencari Ratu Pembayun

Ada di mana, makam Ratu Pembayun, sekar kedatang Mataram yang menakhlukkan Ki Ageng Mangir?  Ada beberapa versi tentang letak pusara putri kesayangan Panembahan Senapati ini. Versi utama, Pembayun dimakamkan di kompleks makam Ki Ageng Karanglo, di Dusun Karangturi, Banguntapan, Bantul.

Komplek pemakaman ini, termasuk keramat. Dua kilometer arah timur makam raja-raja Mataram di Kotagede. Yang membedakan dua makam itu hanya soal kemewahannya. Pusara Putri Pembayun kelewat bersahaja, bercampur dengan pemakaman umum. Tidak ada tanda-tanda bahwa di sana, dikebumikan seorang sekar kedaton Mataram yang legendaris.

Dalam komplek itu, pusara Pembayun ada di sisi barat. Satu lagi, tidak jauh dari makam utama, berisitirahat abdi kinasih sang putri, Nyi Aditjara di sebelah timur agak ke bawah. Yang menandakan dua pusara itu keramat adalah lawon yang menutupi kijing.
Agak terpisah, dengan posisi di bawah, ada beberapa makam tua. Paling tidak, dapat dilihat dari ukuran nisan yang panjang dan besar. “Dulu, Ratu Pembayun tidak mau dipasangi nisan,” kata juru kunci makam yang banyak diziarahi ini.(bersambung)

About redaksi

Check Also

Mengenal Dalang Kebumen-15:Ki Bambang Cahyono, Dalang yang Budayawan

Keberadaan dalang di wilayah Kabupaten Kebumen tersebar merata dan nyaris di setiap kecamatan ada.  Seakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *