Home / KANGBARNO / Menimba Ilmu dari KRT Darori Wonodipuro

Menimba Ilmu dari KRT Darori Wonodipuro

Ia pernah menjadi Dirjen. Lalu kini, Anggota DPR RI. Jejak pendidikannya juga mantul alias mantab betul. Sebab, KRT Darori Wonodipuro adalah lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta.

Sebelum menjadi politisi, pria kelahiran Kebumen ini adalah Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Kehutanan.  Karirnya memuncak hingga menjadi Direktur Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam dari 2007 hingga 2014.

Mengabdikan sepanjang 20 tahun sejak sebagai Tenaga Harian di Direktorat Jenderal Kehutanan pada 1980, pria asli Kebumen Jawa Tengah ini, memang dikenal sebagai pejabat yang memiliki pergaulan luas. Jadi, begitu masuk Partai Gerindra tahun 2013, jejaringnya juga sudah menasional.

Pengalaman serta pergaulan yang luas, membuat Darori dengan mudah masuk Senayan. Pada Pileg 2014, ia  mewakili Dapil Jawa Tengah VII yang antara lain meliputi kampung halamannya di Kebumen, dengan membawa suara 65.630.  

“Daerah Kebumen, Purbalinggga, dan Banjarnegara itu berdasarkan survei merupakan daerah termiskin di Jawa Tengah. Tentu saja saya berniat untuk mengentaskan kemiskinan di daerah saya dengan masuk politik ini,” ungkapnya.

Sebagai Anggota Komisi IV DPR RI, Darori termasuk vokal. Kritis terutama jika sudah bicara soal stabilitas harga pangan dan kesejahteraan petani. Misinya memerangi gizi buruk dengan berbagai program dan bantuan. Itu yang membuat dirinya pernah terpilih menjadi anggota dewan terbaik dari Dapilnya.

Ir KRT H Darori Wonodipuro MM lahir   di Kebumen, 05 Oktober 1953. Ia merampungkan SR dan SMP di kota kelahirannya lalu pindah ke Jogjakarta saat SMA dan kuliah di Fakultas Kehutanan UGM. Saat di UGM itulah, Darori menempa diri di banyak organisasi. Misalnya saja ia menajadi  Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam Yogyakarta.

 Karirnya Ketua Dewan Pakar Pertanian Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini, di Gerindra dimulai dari Kebumen saat ia  menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC)  Partai Gerindra Kab Kebumen. Lalu, melompat ke Pusat menjadi Ketua Bidang Kehutanan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra.

Lahir tanggal 5 Oktober 1953, Weton Darori adalah Senin Pahing. Dalam penanggalan Jawi kelahirannya adalah 26 Suro 1885 J. Itu, tentu yang membuatnya menjadi sosok yang tangguh dalam membangun karir hingga puncak.

Sementara itu, karakter wetonnya juga penuh simpati. Selain itu, karakter orang yang lahir pada pasaran Pahing adalah kuat prihatin dan mandiri. Tapi meski suka menolong, ia sering tertipu. Lalu, jika sudah murka, kemarahannya bisa sangat menakutkan. Lahir di bawah Wuku Kulawu, Dewa Buminya Bathara Sadana. Sedang pohonnya Tal yang menandakan ia akan memiliki umur yang panjang.(kib)

About redaksi

Check Also

Menuju 16 Tahun Bakor PKP, Inilah Sejarah Ikabarata

Inilah Ikatan Keluarga Banaran Bantarjo (Ikabarata).  Salah satu paguyuban Kulon Progo yang memiliki anggota cukup …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *