Home / PMD / Kembul Oprok an, Tradisi warga Cerme Panjatan

Kembul Oprok an, Tradisi warga Cerme Panjatan

Panjatan, Kabarno.com – Lebih dari seratus orang warga RT 21 DK VI, Desa Cerme, Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo kemarin sore, Sabtu 1 Juni 2019, berkumpul di pinggir sawah setempat guna melakukan tradisi yang sudah berjalan setiap tahun sekali dilaksanakan, dikatakan Suprono, Ketua Penyelenggara Kembul Oprok an, kepada Kabarno.com, di lokasi Kembul Oprok an.

” Tradisi punika sampun lumampah dangu, saben wulan siam lan ngepaai warga ingkang wonten dunung wangsul sami ngawontenaken dhahar sareng sareng buka bersama.”

Kembul Oprok an sebenarnya merupakan makanan yang berupa sayur bayem, kacang panjang, wortel dan kelapa parutan, untuk lauk nasi gurih, setelah dido’akan kaum setempat agar sodara sodara kita baik yang dari perantauan maupun yang ada di Desa menyatu kembali diberkahi.

Tradisi Kembul Oprok an tahun 2019 ini bertemakan ” Manunggaling warga RT 21, Cerme agawe rumaket lan guyub rukuning warga sak lawase.” jadi mempersatukan warga agar apa yang dijangkau ada kebersamaan. ( yah )

About yadi haryadi

Check Also

Kapolsek Sentolo : Arep duwe gawe kudu patuh protokol kesehatan

Sentolo, Kabarno.com – Jajaran Kepolisian Sektor Sentolo selaku anggota Kampung Tangguh Nusantara Menoreh Report System …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *