Home / PMD / Kelompok Tani Wiji Dadi dan Margo Rukun Panen

Kelompok Tani Wiji Dadi dan Margo Rukun Panen

Panen Perdana Padi sehat milik Kelompok Tani Wiji Dadi dan Margo Rukun, Desa Wijimulyo, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo pada hari Rabu, 9 Januari 2019 memuaskan, dikatakan Ketua GAPOKTAN Desa Wijimulyo, Jemingan kepada Kabarno.com.

” Lumayan nemgsemaken asil panen ingkeng sepisanan puniko, sampun wonten peningkatan, ketimbambang panen sakderengipun, sakpuniko dadosaken mongkok anggauta.”

Jemingan menambahkan dengan agen hayati hasilnya juga cukup bagus, dari hasil laboratorium menunjukkan 10,9. untuk ubinan di kelompok tani Margo Rukun hasilnya adalah gabah kering 9,866ton, kering panen 10,840. Rata rata 10,353, gabah kering giling 8,8ton.

Sementara keluaran padi sehat, dari Kelompok Wiji Dadi seluas 27 hektar, Margo Rukun 23 sehingga total 50 hektar, oleh karenanya dari dua kelompok tani tersebut di panen perdana ini dibilang cukup memuaskan.

Dalam rangka panen perdana padi Sehat, di Wijimulyo di hadiri Kepala Dinas Pertanian dan perikanan, Kepala BPTP profinsi DIY, Kepala Dinas Tanaman Pangan Kab. Kulon progo Ir Bambang Tri Budi Hartono MM. Camat Nanggulan Drs. Duana HS, MM.dan jajaran Forkopimcam Kec. Nanggulan. Serta kepala Desa Wijimulyo.

Camat Nanggulan Duana Heru menyampaikan dengan adanya JATP maka lahan pertanian di Kecamatan Nanggulan jangan hanya difokuskan untuk produksi gabahnya saja namun juga dioptimalkan untuk edukasi dan pariwisata.

Swbab dengan padi sehat maka pemberantasan hama juga dengan melakukan penanaman bunga refugia untuk mengundang kumbang sebagai musuh alami hama, dan bunga bunga yang berada di sawah tentu saja akan menarik untuk digunakan sebagai wisata edukasi.( yah )

About yadi haryadi

Check Also

Tiga KTN di Kapanewon Wates dicanangkan

Wates, Kabarno.com – Pada Senin, 26 Oktober 2020 Kapanewon Wates mencanangkan tiga Kampung Tangguh Nusantara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *