Home / KANGBARNO / KATURANGGAN: Urip Tentrem Nyanding Lintang Kewuryan

KATURANGGAN: Urip Tentrem Nyanding Lintang Kewuryan

Ini tipe wanita yang merak ati, sehingga diburu laki-laki. Orang Jawa menandainya sebagai wanita bergaya Lintang Kewuryan. Seperti sifat bintang yang baru muncul, menghias langit, memberi pesona, serta penerang di malam gulita.

Secara karakter, jenis wanita ini memiliki ciri-wanci yang penuh pangerten. Penuh pengertian, selain penuh perhatian. Ia juga cenderung pendiam, mudah menyimpan rahasia dengan daya ingat kuat, meski rahasia itu tersimpan puluhan tahun.

Dari wajah, mari dijelajah. Matanya, terlihat redup-mingkup. Penuh keteduhan karena tidak menyorot liar, menantang terang. Malah, mata yang redup itu seperti ingin tertutup di bawah alis yang nanggal sepisan.

Perhatikan bentuk hidungnya. Perhatian dengan sangat cermat, karena dari sana bisa dilacak kemampuannya dalam berolahasmara. Jika bentuknya bagus, mbangir dengan lubang hidup lebar, ia tipe biasa saja di ruang privat. Tapi bila mbangir dengan lubang mengecil, ini dia yang punya magma. Apalagi ditambah dengan bentuk bibir yang simetris-proporsional.

Lalu, yang juga sangat memikat hasrat, bangkeane. Pinggangnya adalah pinggang yang nawon kemit.  Tidak perlu dicondro lebih lebar jika wanita yang memiliki tawon kemit di bangkeane. Sudah pasti merak ati secara lahir-batin, luar-dalam.

Nah, bagi laki-laki yang bertemu jodoh wanita berkarakter Lintang Kewuryan, berbahagialah. Sebab, ia sangat ngopeni suami. Baginya, kewajiban kepada pasangan hidup, menjadi nomor siji. Sebagai istri, Lintang Kewuryan juga selalu ingin melihat suaminya memiliki derajat tinggi. Apapun yang terjadi, baginya yang utama adalah menjunjung derajat sang suami. (kib)

About redaksi

Check Also

Cungkup Makam Kiai Sorokusumo Mbanaran Rusak

Cungkup itu, terlihat tua. Bangunannya dengan jelas mengabarkan kerentaan: pendek, kusam karena lumut, genteng jadul, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *