Home / PMD / Kang Sarjo Galur Panen Kedelai

Kang Sarjo Galur Panen Kedelai

Galur, Kabarno.com — Petani di Desa Brosot, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo saat ini baru memanen Kedelai, salah satu petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Pulo Sari, dengan hasil yang sangat memuaskan, dikatakan Pelda Pardiyana, Babinsa Brosot, kepada Kabarno.com kemarin sore Selasa, 6 Agustus 2019 disela sela membantu panen kedelai di Bulak Pulo.

” Selaku pendamping masyarakat utamanya petani, ya pas panen kita ikut, dari mencabut batang kedelai sampai perontokan, ini mudah untuk mencabuti kita menggunakan alat dan sekaligus perontokan sudah ada mesinnya.”

Dengan alat tersebut tambah Pardiyana, pekerjaan lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan pemisahan yang dilakukan secara manual dan hasilnya dari panenan tahun ini memuaskan.

Kang Sarjo yang tergabung sebagai anggota Poktan Pulo Sari, dengan lahan persawahan berlokasi di Bulak Pulo, Desa Brosot, Kecamatan Galur. Lahan tersebut pasca panen padi MT.2, ditanami kedelai putih varietas Grobogan, dan saat ini dalam tahap pemanenan.

Kedelai merupakan salah satu komoditas tanaman pangan yang termasuk dalam Program Upsus Swasembada Pangan selain padi dan jagung, sehingga menjadi tugas Babinsa untuk melaksanakan pendampingan mulai dari penanaman, perawatan hingga pemanenan. ( swr, yah ).

About yadi haryadi

Check Also

Panitia Pilur Kalurahan Sidomulyo perpanjang pendaftaran

Pengasih, Kabarno.com – Pemilihan Lurah serentak di Kabupaten Kulon Progo pada 12 September 2021 dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *