Home / KEMAT / Ini Keris Singo Barong yang Mencorong

Ini Keris Singo Barong yang Mencorong

Orang mengenalnya dengan baik nama keris Singo Barong. Inilah istilah yang paling populer dan paling mudah dipahami. Tapi sebenarnya sangat banyak jenis keris singo yang ada di khazanah perkerisan Nusantara. Termasuk yang langka dengan luk 15.

“Jika luknya ada  15, memanga gak menarik. Tapi apakah keris dengan gandik singha begini masih disebut Singo Barong?” Pertanyaan itu dilemparkan oleh Kidung Pamungkas dalam sebuah diskusi tentang keris Singo Barong.

Dunia perkerisan memang mengenal keris dengan luk 15. Dalam pakem keris, biasanya yang memiliki luk  melebihi luk 13 disebut keris kalawijan atau palawijan. Jadi agak tidak biasa, bila ada keris singo tapi luk 15.

“Menurut saya dengan ornamen singa seperti ini, sependek apa yang saya ketahui lebih populer disebut Singo Barong. Hampir mirip dengan kilin, legenda khas dari Tiongkok. Mungkin tidak berbeda jauh, mengingat barong, barongan, barongsai,  Ttermasuk kilin  adalah hampir sama tapi berbeda,” jelas Kidung Pamungkas.

Sesungguhnya, perlu ditelisik lebih dalam dhapur singo. Sebab, banyak hal yang menarik di balik pemilihan binatang singa untuk sebilah keris Jawa. Apalagi, di Nusantara agak asing binatang singa.

“Sebenarnya sejak kapan keris-keris dengan dhapur singa barong ini ada? Sejak era singasari mungkin? Apakah singa yang dipahami sekarang sama dengan singha? Pertanyaan ini penting, mengingat di pulau Jawa lebih dekat dengan harimau Jawa, bukan singa. Saat ini, harimau Jawa memang dianggap sudah punah,” kata Kidung Pamungkas yang dikenal sebagai pemilik banyak keris.

Singo Barong, memang terasa sebagai tradisi baru. Atau sekurang-kurangnya, mitos yang muncul setelah terjadi pertukaran budaya sejak bangsa Tiongkok datang ke pulau Jawa. Selama ini, singa agak asing karena hewan yang lebih populer di daratan Afrika yang bergurun, bukan di hutan tropis.

“Pertanyaan berikutnya, apakah sudah ada pertukaran dan asimilasi budaya sejak jaman dulu. Ini sangat sangat menarik sebenarnya, mengingat ulasan dan literatur mengenai keris berdapur singa masih terbatas. Selama ini, yang paling populer adalah apapun bentuk dapur mirip singa disebut Singo Barong,” ungkapnya.(kib)

 

About redaksi

Check Also

Ini Keris Dhapur Mundharang, Elok & Magis

Seorang pecinta keris, melemparkan sebuah pertanyaan. Pertanyaan sederhana, sekadar melempar ide diskusi. Ini tentang keris …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *