Home / PMD / Hari Jadi Desa Pagerharjo Samigaluh Gelar Ambengan

Hari Jadi Desa Pagerharjo Samigaluh Gelar Ambengan

Sebelum terjadinya Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, tahun 1947 di wilayah tersebut ada tiga Kelurahan diantaranya Kelurahan Plono, Kelurahan Gegerbajing dan Kelurahan Kalirejo, jelas Kepala Desa Pagerharjo Widayat kemarin Sabtu, 27 Januari 2019.

” Hari Jadi ke 72 Desa Pagerharjo, merupakan memontum yang sangat berarti bagi warga masyarakat Pagerharjo, kita akan mengingatkan utamanya anak muda, dengan adanya peringatan ini akan lebih mengerti, Desa Pagerharjo sebelumnya terdiri dari tiga Kelurahan, dan pada tahun 1948 ke tiga Kelurahan digabung menjadi satu.”

Berbagai agenda kegiatan untuk mengenang ketiga Kelurahan tersebut, seperti ziarah kubur di tiga tempat eks Kelurahan, Plono,Kalirejo dan Geger Bajing, menggelar kesenian budaya asli Pagerharjo, upacara dan gelar ambengan.

Sementara Keksi wuryaningsih mantan Kepala Desa Pagerharjo selama dua perionde menuturkan untuk upacara baru dilaksanak kali ini, namun setiap dua tahun sekali diselenggarakan Gelar ambengan yang di ikuti oleh 20 Pedukuhan di Desa Pagerharjo, gelar ambengan sendiri juga merupakan hasil wlu wetu dari 20 Pedukuhan. ( yah )

About yadi haryadi

Check Also

Novi warga Bojong Panjatan ngaku kejambret ing Sutorini Cerme Panjatan

Panjatan, Kabarno.com – Jajaran Reskrim Polsek Panjatan di backup satreskrim Polres Kulon Progo pada Jum’at, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *