Home / PMD / Di Usia Sepuh, Mbah Kidal Iseh Mempeng Gawe Pupuk Organik

Di Usia Sepuh, Mbah Kidal Iseh Mempeng Gawe Pupuk Organik

Sukidal adalah seniman handal. Ia juga punya nama kondang. Di usianya yang sudah lebih dari tengah baya, ia masih tetap berkarya. Tidak melulu berkesenian, tapi juga berdaya untuk masyarakat dan lingkungannya.

Mbah Kidal, begitu pria berusia 66 tahun itu biasa dipanggil. Warga Paingan, Sendangsari, Pengasih Kulon Progo itu, sejak tahun 1997 membuat pupuk organik. Sejak itu, Mbah Kidal ditemani tiga tetangganya yang giat.

“Puniko kangge kegiatan mas, kalih ameng-ameng sedulur kiwo tengen. Lha menawi wonten asilipun rak saget kangge tumbas menir,” kata Mbah Kidal, merendah.

Begitulah Mbah Kidal. Dulu, sebelum purna, ia dikenal sebagai seniman Kethoprak RRI Jogjakarta. Pekerjaan sambilannya membuat pupuk organik juga sudah dilakukan sejak saat itu. Apalagi, pupuk buatan Mbah Kidal sudah beredar di luar Kabupaten Kulon Progo, seperti Magelang, Wonosobo, Temanggung.

Mbah Kidal yang dibantu tetangganya, setiap hari memproduksi pupuk organik namun diselaraskan dengan usianya. Dalam satu bulan, menurut Mbah Kidal, hanya bisa memproduksi kisaran 10 hingga 20 ton.

Pupuk organik produksi Mbah Kidal diberi merk Sahabat Bumi, menurut konsumen yang pernah bercerita kepada Mbah Kidal  bisa untuk memupuk sayuran dan buah-buahan. Dan, hasilnya cukup menggembirakan.(yad)

About redaksi

Check Also

Bebas denda pajak PKB dan BBNKB diperpanjang hingga Desember 2020

Wates, Kabarno.com – Mendasar Peraturan Gubernur nomor 82 tahun 2020 tertanggal 21 september 2020, bahwa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *