Home / DWIDJO / Bintek Perpustakaan bagi Kepala SD dan PAUD serta Pengelola Perpustakaan 

Bintek Perpustakaan bagi Kepala SD dan PAUD serta Pengelola Perpustakaan 

Ngaglik, Kabarno.com

Dalam memberikan pembekalan bagi Kepala Sekolah SD dan PAUD serta Pengelola Perpustakaan di Sekolah, berlangsung di Balai Desa Sukoharjo, Ngaglik, Sleman, Jumat 16 Oktober 2020.

Kegiatan ini didukung dengan anggaran dana desa tahun 2020 dengan tujuan agar SD dan PAUD Se Sukoharjo bisa mendirikan perpustakaan di sekolah dan dikelola sesuai hasil Bintek ini, demikian laporan Pengelola Perpustakaan Gerakan Sukoharjo Cerdas ( GSC )Sukoharjo H. Adib Ma’mun, S.Sos.

Selanjutnya Kepala Desa Sukoharjo yang diwakili Sekretaris Desa Sukoharjo Yuliani, SIP mengatakan dengan Bintek untuk Kepala SD dan paud serta pengelola perpustakaan tidak lain sebagai gerakan Sukoharjo Cerdas yang telah dicanangkan hal ini harus didukung oleh semua pihak dan hari ini Sekolah SD dan PAUD sebagai sasaran Bimtek Perpustakaan ,harapanya bisa meningkatkan kualitas pendidikan melalui perpustakaan ini.

Disamping kegiatan bimtek masih banyak kegiatan yang bisa dilaksanakan antara lain wisata pustaka, Silang Layang artinya saling tukar buku antar sekolah, kunjungan antar pustaka, bahkan tahun 2019 setiap bulan bisa wisata pustaka yang di fasilitasi oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sleman.

Ditambahkan sejak berdirinya GSC Sukoharjo tahun 2014 dengan anggaran Rp 5 juta dan tiap tahun terus meningkat karena Perpustakaan Sukoharjo meningkat terus prestasinya sehingga meraih juara nasional , maka perlu dukungan sarana transportasi untuk mobil keliling dengan biaya Rp 200.000,- untuk membeli mobil perpustakaan keliling dengan perkengkapannya.

Untuk itu dalam rangka memajukan dan mengembangkan perpustakaan di sekolah perlu MOU atau kerjasama dengan SD dan PAUD se Desa Sukoharjo untuk membentuk perpustakaan masing masing, pungkasnya. Dalam Bintek ini menghadirkan Pejabat Fungsional Perpustakaan Senior yang mumpuni di bidang perpustakaan Ratih Wulandari dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sleman.

Dalam binteknya Wulandari menjelaskan tentang fungsi Perpustakaan pada umumnya ada enam poin standart Nasional Perpustakaan yaitu 1. Standar Koleksi. 2. standar Sarana dan Prasarana. 3. Standart  Pelayanan.4. Standar Tenaga  5. Standart Penyelenggaraan 6. Standart Pengelolaan.

Dari enam point’ tersebut yang sempat dibahas secara lengkap adalah Penyelenggaraan mulai membentuk sampai pelaksanaan disamping koleksi, sarana dan prasarana serta tenaga atau SDM yang memadai dan terakhir terkait managemen atau mengelola perpustakaan supaya menarik dan terus dikunjungi masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat.

Sebagai akhir acara Ratih sempat memberikan nomor hp agar sewaktu waktu bisa berkonsultasi terkait perpustakaan di desa Sukoharjo , agar terus berkembang maju ,pesannya. Dari Aula Balai Desa Sukoharjo KIM Sukoharjo melaporkan. (Srp ).

About dwidjo

Check Also

Saber Budaya Menoreh Kedah Mbangun Pariwisata Kulonprogo

Yogyakarta, Kabarno.com Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemprov DIY) melalui Dinas Pariwisata Provinsi, memyambut baik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *