Home / PMD / Bersih Dusun Tulangan Ngargosari Samigaluh Dimeriahkan dengan Kirab

Bersih Dusun Tulangan Ngargosari Samigaluh Dimeriahkan dengan Kirab

Inilah Merti Dusun. Sebuah tradisi Bersih Dusun yang merupakan ujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Dilaksanakan sehabis panen, tradisi Merti Dusun di Dusun Tulangan Ngargosari Samigaluh Kulon Progo dilaksanakan Sabtu 25 Agustus 2018.

Selain diisi dengan mengelar kirab, berbagai kegiatan juga dilakukan, seperti tirakatan, ziarah kubur ke makam pendahulu dusun setempat.  Menurut Kepala Dukuh Tulangan, Budi Yanto ini sudah menjadi tradisi turun-temurun yang memang harus dilestarikan.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan dan menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama  serta sebagai pelestarian Budaya jawa, juga meningkatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah banyak memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada warga ketiga dusun,” jelasnya.

Budi Yanto menambahkan, kegiatan Kirab ini diikuti Tulangan, Ngaliyan Gunung B, dan Ngaliyan Gunung A dengan warga masyarakat yang berada di luar pedukuhan. Bersih Dusun ini merupakan suatu tradisi turun-temurun peninggalan  para leluhur sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan atas segala rahmatNya.

Kirab yang diikuti sekitar 500 personil dari ke tiga pedukuhan di wilayah Ngargosari Samigaluh, dilepas Kepala Desa Ngargosari Surasa, dilanjutkan Pamitan kirab oleh Alexander Wisnu Ardiyanto mewakili tokoh pemuda dan diterima juga direstui oleh mantan dukuh Tulangan Warsidi. Rute  dari Wisma Pawiro Darsanan menuju makam pepunden Kiai Alian dan kirab keliling tiga dusun. (yad)

About redaksi

Check Also

Bebas denda pajak PKB dan BBNKB diperpanjang hingga Desember 2020

Wates, Kabarno.com – Mendasar Peraturan Gubernur nomor 82 tahun 2020 tertanggal 21 september 2020, bahwa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *