Home / PASUGATAN / Baritan Ketupat Sedekah Bumi nang Kalibawang, Gayeng

Baritan Ketupat Sedekah Bumi nang Kalibawang, Gayeng

Ini tradisi yang lestari di Kalibawang.  Sepanjang pagi hingga siang ini, masyarakat ikut dalam Baritan Ketupat Sedekah Bumi. Suasana gayeng tur regeng, karena setelah didoakan, masyarakat berebut gunungan.

Gunungan ketupat adalah bagian dari baritan yang digelar pedukuhan Brajan, Banjararum, Kalibawang, Kulon Progo, Jogjakarta. Acara ini, dilaksanakan di obyek wisata Punthuk Ngepoh Brajan Banjararum Kalibawang.

“Baritan ketupat sedekah bumi ini dilaksanakan setiap tahun, biasanya dilaksanakan di beberapa titik seperti makam atau jalan desa. Tapi tahun ini baritan ketupat sedekah bumi dilaksanakan di sebuah punthuk yaitu di punthuk Ngepoh,” jelas Parjono Ketua Pokdarwis Desa Banjararum, Selasa, 15 Mei 2018.

Parjono berharap,  baritan sedekah bumi ini juga bisa menarik para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam di punthuk Ngepoh. Itu sebabnya, baritan ketupat sedekah bumi, sengaja dilaksanakan di punthuk Ngepoh.

Sementara itu, menurut Hendri Usdiarka, Camat Kalibawang menuturkan bahwa kecamatan yang dipimpin memiliki banyak obyek wisata. “Kalibawang merupakan salah satu penyangga obyek wisata strategis untuk menuju Borobudur. Tempat-tempat wisata yang ada perlu dukungan dari warga masyarakat. Apabila Punthuk Ngepos ini dibangun secara gotong-royong dan mendapat dukungan dari masyarakat, tentunya akan lebih maju,” jelasnya.(yad)

About redaksi

Check Also

3 Dalang Tutup Merti Desa Sendangsari

Tadi malam, Merti Desa di Desa Sendangsari, Pengasih, Kulon Progo, ditutup gayeng. Tiga dalang tampil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *