Home / PMD / Babinsa Desa Jatimulyo, dorong warga mengolah biji kepayang

Babinsa Desa Jatimulyo, dorong warga mengolah biji kepayang

Usaha di mana saja memerlukan keseriusan, ketekunan dan mengetahui pasar, seperti yang di lakukan Kelompok Pengolah Kepayang di Pedukuhan Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, dikatakan Babinsa Jatimulyo, Serka Adi Sarjono, kepada Kabarno.com

” Selaku Babinsa berupaya membantu warga untuk mengangkat perekonomian dengan memanfaatkan apa yang ada disekitar diantaranya biji kepayang.”

Dorongan yang dilakukan Babinsa Jatimulyo ini, sewaktu mendampingi kunjungan dan pendampingan kegiatan Mahasiswa Australia yang baru melaksanakan program belajar live dengan kehidupan masyarakat.

Sementara sejumlah mahasiswa mengatakan biji kepayang atau kluwak sangat bermanfaat sebgai bumbu penyedap rasa, makanan ringan, minyak goreng, bahan pengawet makanan, obat-obatan tradisional, racun ikan, pestisida alami, kayu, dan tanaman pelindung.

Dari sekian banyak dari manfaat buah kepayang, Suparman bersama kelompoknya baru menitik beratkan pada manfaat sebagai minyak goreng karena minyak yang dihasilkan dari biji kepayang banyak mengandung lemak, protein dan karbohidrat yang tinggi. ( yah )

About yadi haryadi

Check Also

ODGJ di Kalurahan Kulur Temon diajak mandiri

Temon, Kabarno.com – Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) terbanyak di wilayah Kapanewon Temon , Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *