Home / PMD / Ayo Nonton Festival Ketoprak nang Taman Budaya Kulon Progo

Ayo Nonton Festival Ketoprak nang Taman Budaya Kulon Progo

Ada 12 Kontingen Seni Kethoprak yang ikut dalam Festival Ketoprak yang digagas Dinas Kebudayaan Kulon Progo. 12 grup ketoprak yang berasal dari 12 kecamatan se Kabupaten Kulon Progo itu, akan tampil di Taman Budaya Kulon Progo.

Secara bergantian, 12 grup yang mewakili kecamatan masing-masing, akan tampil hingga 21 Juli 2018 nanti. Ini, menurut Kepala Bidang Seni Adat dan Tradisi pada Dinas Kebudayaan Kulon Progo, Wruhantoro, adalah upaya melestarikan kethoprak yang kejayaannya sudah berlalu.

“Jadi semuanya ada 12 kontingen.  Mereka mewakili kecamatannya masing-masing  dan menyatakan sudah siap tampil di gelaran Festival Kethoprak antar Kecamatan se Kabupaten Kulonprogo,” jelas Wruhantoro.

Festival Kethoprak yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulonprogo, lanjut Wruhantoro, akan berlangsung hingga 21 juli 2018. Setiap malam, mulai malam ini, akan ditampilkan tiga kontingen.

Setiap malam, dalam festival in, masih menurut Wruhantoro, semua kontingen akan menampilkan cerita roman. Menurut naskah yang dibagikan kepada masing-masing kontingen, judul lakon yang harus dimainkan adalah  GRAHONO.

Wruhantoro mengaja, masyarakat Kulon Progo dan pecinta seni, untuk nonton Festival Kethoprak antar kecamatan se Kabupaten Kulonprogo yang akan dilaksanakan di Taman Budaya. Penghargaan dan hadiah puluhan juta untuk penyaji terbaik, penyutradaraan terbaik serta peran terbaik, sudah disiapkan. (yad)

About redaksi

Check Also

384 warga Kelurahan Wates menerima BST tahap ke VI

Wates, Kabarno.com – Sebanyak 384 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kelurahan Wates, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *