Home / PMD / 500 Kantong Daging Kurban, Dibagikan ke Warga Nganti Kokap

500 Kantong Daging Kurban, Dibagikan ke Warga Nganti Kokap

10 Dzulhijjah 1439 Hijriah. Hari raya Idul Adha tahun ini bertepatan dengan hari Rabu, 22 Agustus 2018. Tadi pagi, seperti uma Islam di seluruh Indonesia, warga Dusun Nganti, Hargotirto, Kokap, Kulon Progo, menggelar sholat Idul Adha.

Di pagi yang cerah itu, warga berduyun-duyun menunaikan shalat berjamaah di masjid Fathul Jannah. Pelaksanaan shalat jam 07.00 WIB. Sholat dipimpin oleh bapak Haji Tukiran selaku imam. Sedang yang bertindak sebagai khotib adalah bapak Suratman.

Khotbah dibawakan secara apik dan menarik oleh bapak Suratman atau lebih dikenal dengan Ki Suratman.  Pada kesempatan itu, Ki Suratman berbicara tentang sejarah penyembelihan hewan kurban di masa Nabi. Juga ketakwaan Nabi Ismail as dan Ibrahim as dalam melaksanakan perintah Allah SWT.

Pada siang harinya, warga melakukan prosesi penyembelihan hewan kurban. Tempatnya di rumah Dukuh Nganti, Abdul Malik Ar Royhan. Penyembelihan hewan kurban dilakukan oleh bapak Marsudi selaku bapak Kaum Rois  dan dibantu panitia kurban, takmir masjid bersama warga dusun.

Adapun hewan kurban yang disembelih pada tahun ini adalah dua ekor sapi dan empat ekor kambing. “Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. Lailahailallahu  Allahu Akbar.. Allahu Akbar walillah hilhamdu.” Begitu lantunan Takbir Tahlil dan Tahmid terus dikumandangkan oleh seluruh warga Nganti yang sedang menyaksikan penyembelihan hewan kurban

Sementara itu, selepas siang, ibu-ibu sibuk memasak daging kurban yang akan dihidangkan kepada seluruh warga Dusun Nganti yang telah berpartisipasi dalam penyembelihan hewan kurban. “Hasil penimbangan daging sapi yaitu seberat 99.5 kg dan 118 kg, jika ditotal seluruh daging kurang lebih seberat 331 kg.” Kata Pak Aan kepada kabarno.com.

Proses penyembelihan hingga pembagian daging kurban berlangsung tertib. Daging kurban sebanyak 500 kantong plastik dibagikan kepada seluruh warga dusun Nganti secara merata. Ucapan terima kasih pun disampaikan takmir masjid kepada panitia, rekan-rekan Cornida, dan seluruh warga Nganti atas partisipasinya dalam kegiatan ini.(pur)

About redaksi

Check Also

Kundha Kabudayan Kulon Progo gelar lomba Alih Aksara SMA/SMK/MA

Pengasih, Kabarno.com – Untuk melestarikan dan menjaga agar aksara jawa tidak punah Dinas Kebudayaan (Kundha …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *