Home / PMD / Wiwitan masal ing Bulak Karang Wetan Desa Salamrejo

Wiwitan masal ing Bulak Karang Wetan Desa Salamrejo

Warga masyarakat Desa Salamrejo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, pada hari Minggu, 31 Maret 2019, satu persatu menapaki jalan menuju persawahan di Bulak sawah Karang Wetan, melaksanakan Wiwitan Masal, diinformasikan Babinsa Salamrejo, Serda Sarijan kepada Kabarno.com melalui pesan singkatnya.

” Puluhan warga Desa Salamrejo yang memiliki lahan sawah dan di tanami padi, pada hari Minggu, 31 Maret 2019 melaksanakan Wiwitan Masal.”

Wiwitan Masal merupakan tradisi atau budaya Jawa yang dilakukan petani saat akan memulai panen padi, Wiwitan Masal sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rejeki yang diberikan kepada petani berupa panen padi.

Wiwitan massal panen padi tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Salamrejo Dani Pristiawan, Ketua BPD Drs. H. Suharno, dan Anggota, PPL Desa Salamrejo Sutarsih, Kepala Dukuh Karang Wetan Suwardi, dan puluhan Anggota Kelompok Tani “Permaden Rejo”.

Wiwitan Masal di Bulak sawah Karang Wetan merupakan tradisi budaya peninggalan simbah simbah yang sudah mendahului dan acara diakhiri dengan ngepung wiwitan yang di bawa oleh warga, digelar untuk dinikmati bersama sebagai wujud kebersamaan. ( swr, yah )

About yadi haryadi

Check Also

BAGUNA PDI Perjuangan Kulon Progo cegah Covid-19 di enam titik

Pengasih, Kabarno.com – Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) PDI Perjuangan Kabupaten Kulon Progo pada Kamis, 26 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *