Home / Uncategorized / Wayang Golek Kebumen adalah Aset

Wayang Golek Kebumen adalah Aset

Tentang wayang golek menak, memang agak tidak populer, di era kekinian. Padahal pernah memiliki masa jaya di waktu lalu. Juga di wilayah Kebumen yang dikenal sebagai wilayah yang menampung banyak aspirasi kebudayaan, bahkan sejak lampau.

Keberadaan wayang golek menak di Kebumen, kiranya menjadi perhatian khusus bagi para budayawan Kebumen. Mengingat di beberapa tempat lain juga ada wayang golek, terutama di Jawa Barat yang mengembangkannya menjadi wayang yang khas. Orang akan selalu ingat Jawa Barat setiap membicarakan wayang golek.

Wayang golek di tlatah Jawa Tengah ke arah timur,  agak berbeda, terutama cerita yang diangkat. Jika di Jawa Barat, tetap memainkan lakon-lakon Mahabarata, di Cirebon dan sekitarnya dengan wayang cepak, di Jogja, Solo dan sekitarnya dengan wayang Panji, maka wayang golek menak mengambil cerita dan tokoh dari Timur Tengah.

Nama-nama Amir Ambyah (Amir Hamzah), Umar Maya ( Umar Umaiyah ) dan nama-nama lain yang beraroma tanah Padang pasir menjadi nama tokoh pada wayang golek menak.

Pertanyaan yang kemudian muncul, adakah dahulu kala pernah datang tokoh Timur Tengah ke kebumen? Munculnya cerita dan hikayat kepahlawan wong Agung Jayeng Rono (Amir Ambyah), sangat bisa jadi berhubungan dengan keberadaan tokoh-tokoh itu di Kebumen. Apalagi, di Kebumen sangat banyak makam Syech Maulana.

Seperti halnya buah genitri yang tumbuh subur di Kebumen dengan buah kulaitas super yang konon merupakan tetesan air mata dewa, wayang golek menak juga bisa menjadi aset. Apabila diduduh dan digarap dengan sungguh-sungguh maka Wayang Golek Menak akan menjadi kekayaan Kabupaten Kebumen yang sangat mahal seperti halnya buah genitri.

Kenapa kita harus meniru bahkan mengadopsi wayang jenis lain ketika di Kebumen masih ada mutiara terpendam yang belum terdudah dengan sempurna. Toh, jika sekadar meniru wayang daerah lain, atau mengembangkannya, tetap tidak akan mampu menjadi identitas daerah.

Hayo kita duduk bersama, bergerak bersama tumbuh kembangkan Budaya dan kearifan lokal daerah Kebumen. Katakan kepada dunia Kebumen punya wayang golek menak yang sangat luar biasa.

Salam Budaya, Rahayu

Ki Setyo Budi, Pemerhati Budaya Nusantara

About redaksi

Check Also

Anggota Kodim 0731/Kulon Progo Bersihkan Pohon Tumbang

Kulon Progo, Kabarno.com – Hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi pada Jumat sore 3 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *