Home / PMD / Warga Ponces Purwosari Girimulyo memetri “Bersih Dusun” kanti prasaja

Warga Ponces Purwosari Girimulyo memetri “Bersih Dusun” kanti prasaja

Girimulyo, Kabarno.com – Upacra adat “Bersih Dusun” Pedukuhan Ponces, Kalurahan Purwosari, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo di selenggarakan secara sederhana tidak seperti biasanya dengan kirab bergodo dan tumpeng.

“Sehubungan di pandemi Covid ini kegiatan dilaksanakan dengan sesedarhana mungkin, yang terpenting warga berniatan untuk mengirim do’a bersama memohon keselamatan dijauhkan dari segala bemtuk penyakit,” kata Pj Lurah Purwosari Ngatija Minggu, 13 September 2020.

Bersih Dusun di Pedukuhan Ponces, Kalurahan Purwosari, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo dihadiri Kabid Seni Adat dan Tradisi Kundha Kabudayan (Dinas Kebudayaan) Kulon Progo Wruhantoro, Pj Lurah Purwosari Ngatija, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan tokoh masyarakat serta tokoh agama.

Dalam pelaksanaan adat Bersih Dusun Pedukuhan Ponces, Kalurahan warga membawa ambengan dan di bawa ke Balai Pedukuhan selanjutnya dilaksanakan do’a bersama dipimpin rois setempat.

Wruhantoro Kabid. Seni Adat dan Tradisi Kunda Kabudayan Kulon Progo menyampaikan apresiasi dan bangga meskipun di suasana pandemi Covid warga tetap melaksanakan tradisi peninggalan budaya nenek moyang, di setiap mendapat rejeki dari Tuhan Yang Maha Esa selalu bersyukur yang dilaksanakan secara bersama sama.

“Warga tetap menjalankan tradisi nenek moyang dengan mentaati protokol kesehatan, disediakan tempat cuci tangan, jaga jarak dan menghindari kerumunan,” tambah Wruhantoro.(yah)

About yadi haryadi

Check Also

Kundha Kabudayan Kulon Progo gelar lomba Alih Aksara SMA/SMK/MA

Pengasih, Kabarno.com – Untuk melestarikan dan menjaga agar aksara jawa tidak punah Dinas Kebudayaan (Kundha …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *